Saturday, December 30, 2006

Persiapan Tahun Baru

Aku baru selesai menulis kartu tahun baru(nengajo) 50 lembar.
Untuk menyambut tahun baru, yang tinggalnya bersihkan kamar dan dapur aja.

Habis itu, nanti malam aku akan pulang ke kampung dengan bus malam.
Di Jepang pun,aku naik bus malam... tapi jaraknya dekat sekali jadi, wakutnya cuma 8 jam.
Dibandingkan bus malam dari Jakarta ke Padang ato ke Bali, kali ini dekat banget.

Kangennya bus malam di Indonesia, waktu di Indonesia aku pertama kali naik bus selama 30 jam. Cape sekali... Tapi aku lebih suka bus malam Indonesia karena penumpangnya ramah dan baik, kebutulan sopir juga orangnya baik, aku tidak pernah bosan selama 30 jam.

Kapan aku bisa ke Indonesia lagi ya?
Semoga tahun depan aku ke sana lagi.

Friday, December 29, 2006

Summary tahun ini

Beberapa hari kemudian, Tahun 2006 berakhir.

Hari2 lewat begitu cepat ya. Sejak aku kembali ke Jepang, hampir satu tahun sudah lewat.

Apa yang aku dapat selama ini?

Selama ini, aku dapat
・pekerjaan sebagai guru bahasa Indonesia(tapi masih magang, rencananya aku jadi guru dari April tahun depan).

・menulis satu buku yang bersangkutan dengan bahasa Indonesia dan bukunya baru diterbit pada pertengahan Desember ini.

・mendaftar sebagai penerjemah di 3 perusahaan penerjemahan(tapi pekerjaannya masih sedikit sekali).

lumayan ya sebagai tahun pertama dalam kehidupan baru di Jepang.
Emang masih susah cari kerja penerjemahan bahasa Indonesia, tapi aku mengalami kemajuan sedikit.
Semoga tahun depan lebih berisi dan berarti bagiku dan aku mendoakan teman2-ku supaya dapat sesuatu yang mereka inginkan pada tahun depan.

Sunday, October 08, 2006

Bikin Buku

Halo, teman-teman. Begitu cepat waktu berlalu. Udah sebulan ya, sejak aku posting kemarin.

Sebenarnya aku mau berlibur dari September, tapi ternyata aku sibuk banget bekerja. Aku dapat kerja bikin buku. Bukunya seperti buku pemandu wisata pulau Bali. tapi biar turis bisa berkomunikasi dengan orang Bali, buku itu akan dimuat banyak contoh percakapan dalam bahasa Indonesia.
Jadi, saya memilih-milih contoh2 percakapan dalam situasi jalan-jajan di Bali dan pikir tata letak dan menerjemah percakapan dan lain-lain.
Masalahnya tenggat waktunya sangat dekat, jadi, aku harus bekerja dari pagi sampai malam setiap hari,,, ga ada liburan. Hari Sabtu dan Minggu juga aku bekerja, dan aku sadar loh sama dong waktu aku bekerja sebage karyawan kontrak, bahkan lebih sibuk lagi.

Tapi aku ga apa2. Kerjanya menarik juga. Kerejanya belum selesai tapi aku pingin lihat cepat bukunya yang sudah jadi.

Thursday, September 07, 2006

Langkah Pertama yang penuh semangat

Hari ini aku makan siang sama teman sekantor lama(kantor yang supersibuk)di Shinjuku. Temanku juga udah berhenti kerja pada akhir Juni(Dia juga bekerja cuma tiga bulan doang). Alasannya sama. Terlalu sibuk.

Dia punya cita-cita, yaitu menjadi aromaterapis. Dia pergi ke sekolah untuk menjadi aromaterapis sejak April, tapi karena terlalu sibuk, tidak bisa belajar dan latihan di rumah. Jadi tidak hanya cape dan sibuk, dia stres juga keadaan ini.

Tapi akhirnya dia bisa lulus ujian akhir sekolah dan diterima sebagai staf sebuah kantor aromaterapis yang diinginkannya. Lalu dia mulai bekerja sebagai aromaterapis dari September.

Aku juga sama,stres banget karena gak ada waktu belajar. Setiap pagi aku belajar bahasa Indonesia kurang satu jam di kafe yang dekat kantor sebelum masuk kerja, tapi waktunya tidak cukup.
Walopun bisa dapat banyak gaji, keadaan seperti itu ditak bagus buatku, jadi aku juga berhanti kerja dan mulai cari kerja lain.
Dan, untungnya, dua hari yang lalu aku dapat satu kerja lagi. Mungkin itu kerja pertama sebagai penerjemah.
Iya, lumayan bagus kan, aku bisa mulai hidup baru dengan dua kerja yang berhubungan dengan bahasa Indonesia.

Dengan demikian, kami dua-duanya senanag banget.

Sambil makan siang, kami mengobrol tentang kantor lama kami. Betapa banyaknya kami kerja, betapa capenya setiap hari, kenapa kami terpaksa bekarja sebanyak banget padahal pegawai kontrak sementara,,(biasanya pegawai kontrak tidak bekerja lembur begitu banyak),,kami gak bisa berhenti bicara.

Tapi,sekarang semuanya udah lewat dan tinggal banyak duit.
Pengalaman yang kami begadang di kantor pun udah berubah kenangan yang indah...


Semoga temanku akan sukses dalam kerja baru.

Saturday, September 02, 2006

Liburan Lamaku Baru mulai

Aku akhirnya jadi bebas dari kehidupan yang tidak manusiawi.
Pada hari terakhir kerja, aku terima buket dan kado dari teman2 kantor padahal aku bekerja cuma kurang empat bulan.

Potonya bunga buket nih. Aku udah buka buket dan masukin tiap bunga ke vas-vas kecil.

Dari September, aku mulai lagi cari kerja yang bisa pake bahasa Indonesia. Sebenarnya sih, aku udah dapat satu kerja, yaitu guru bahasa Indonesia di sebuah tempat. Tapi statusnya masih magang, jadi aku lagi belajar cara mengajar.

Nanti menjadi guru, aku kasihtahu ya.

Monday, July 17, 2006

Liburan Tiga Hari

Di Jepang, tgl 17 bulan Juli, hari libur nasional, namanya "hari laut", jadi aku bisa berlibur 3 hari untuk pertama kalinya setelah aku mulai bekerja.

Selama liburan ini, aku bisa pake waktu yang lumayan berarti.


aku ketemu ama teman orang Indonesia(tapi hanya 30 menit,,,)
habis itu aku ikuti meeting kegiatan sukalerawan.
Sesudah meeting, aku ikuti kursus bahasa Indonesia(sekarang aku ikut kurususnya setiap sabtu sore).
Habis itu, aku dan pacarku nonton musikal. Teman kantorku main di musikal itu. Musikalnya menarik sekali, dansa2 dan lagu2 mereka bagus juga. Temanku pun tampak lebih ganteng daripada biasa.


Kami(aku dan pacar) pergi ke Tokyo Metropolitan Museum of Photography. kami menikmati pameran WORLD PRESS PHOTO 2006 (http://www.worldpressphoto.nl/?bandwidth=high).

Aku baru kenal pameran ini ketika aku jalan2 di Jogja satu tahun setengah yang lalu.
poster pameran WORLD PRESS PHOTO 2004 itu(posternya digunakan poto yang juara pertama) sangat mengesankan, jadi aku pergi ke museum yang buka pameran itu.

Pamerannya bagus banget. Jadi, aku menikmati lagi pamerannya tahun ini.
Pameran tahun ini pun bagus juga.

Sayangnya pameran tahun ini tidak diadakan di Indonesia... Kenapa ya??


Aku nulis surat kepada sahabat2 di Indonesia. Setelah kembali ke Jepang, aku jarang kirim surat, hanya kirim-mengirim SMS aja.

Dan aku nulis blog ini, trus,,, iya udah. kegiatan selama tiga hariku cukup berisi kan?

Thursday, July 13, 2006

Kehidupanku Cuma KERJA KERJA KERJA !

Halo, teman-teman.
Semua masih kadang2 datang ke sini??

Selama 2 bulan ini aku bekerja dari pagi sampe larut malam hampir setiap hari(kecuali sabtu dan minggu).

Ternyata kantorku sibuk banget!!!!!

kalo bulan Mei, aku bekerja lembar lebih 60 jam, padahal aku mulai bekerja dari tgl.10 Mei. Kalo bulan Juni, aku bekerja lembar 92 jam!! Itu berarti setiap hari rata-rata 4 jam lebih aku bekeja selain jam kerja biasa(jam 9 pagi ~ jam 6 sore).

Setiap hari, abis selesai bekerja, aku tiba di rumah kira2 jam 1.
Aku bisa tidur cuma 4 jam doang.
bulan Juni itu paling cape,lelah,dan gantuk.

Pengalaman yang paling parah adalah ini. Aku dan teman2 di kantor bergadang untuk bekerja. kami betul-betul tidak bisa tidur sampai jam 7 pagi esok harinya...
kami harus bekerja semalam suntuk karena menjelang punutupan kerja.

Habis baru selesai semua kerja, kami bisa tidur hanya 1 jam, kemudian bangun dan mulai bekerja lagi dari jam9 dan,,, dan harus bekerja sampai jam 11 malam!

Tetapi, syukurlah, aku masih sehat2 aja walaupun berat badannya rada turun(karena ga ada waktu makan malam. Iya ada sih tapi sambil makan aku bekerja. pegang roti dengan tangan kanan, getik keyboad dengan tangan kiri...)

Tetapi aku baru tahu, kantor seperti ini tidak jarang di Tokyo. Buktinya, kereta yang aku sering naik pada jam 11 ato 12 malam pun masih cukup penuh.

Penumpangnya Bapak2 dan pemuda-pemudi ( kalo ibu2 tidak begitu banyak). Meraka juga bekerja keras setiap hari.

perekonomian Jepang itu ditopang oleh usaha-usaha mereka ya.

humm tapi aku mo cabut dari kehidupan kayak gini.
kayaknya aku ga bisa membantu memulihkan perekonomian Jepang dengan mereka.
Dan aku ga punya loyalitas pada perusahan ('kan aku cuma pegawai kontrak sementara).
BUat ku lebih penting kehidupan sendiri dari sukses perusahaan ato perekonomian Jepang ( iya aku egois ).

Kontrak kerjaku sampai dengan bulan Agustus. Jadi sekarang aku bekerja keras buat duit aja.
Tapi mulai bulan September, aku pingin hidup secara manusiawi, dan cari kerja lagi yang bisa pake bahasa Indonesia.

Saturday, May 13, 2006

Mulai Bekerja

Nabila, Katie, dan Wenda&Ricky, Terima kasih banyak ya berkomentar waktu hari ulang tahunku!

Aku baru mulai bekerja di sebuah perusahaan. Perusahaan itu bikin sebuah situs web besar. Aku akan bekerja di sana kira2 selama 3 bulan. Aku ga bisa bikin situ web, jadi cuma masukkin data aja. Tapi aku bekerja untuk pertama kalinya setelah 2 tahun berlalu, jadi, emang kerjanya sederhana, tapi lumayan menarik buatku.

Sekarang, setiap pagi aku naik kereta yang penuh sesat dan pergi ke kantor di Marunouchi, Tokyo.
Katanya, Marunouchi adalah tempat kerinduan buat OL(office Lady:karyawati kantor).
Katanya, karyawati di Tokyo pingin bekerja di Marunouchi. Ga tahu alasannya. Tapi, iya, suasana Marunouchi emang bagus. Selain banyak bagunan kantor, ada juga banyak toko2 bermerek seperti PRADA, HERMES, dll dan banyak restran keren.
Dan ada juga cabang Tokyo BNI(Bank Negara Indonesia)!!

Dengan demikian, aku menjadi karyawati kantor yang bekerja di Marunouchi.

Kalo di Jakarta, tempat seperti Marunouchi itu di mana ya?


pohon Sakura sekarang berbuah. Tapi habis 2 hari lagi, semua buah dimakankan oleh burung gagak...
(Aduh,potonya jelek ya. Yang Merah itu buah sakura.)

Monday, April 17, 2006

Hari Ulang Tahun

Hari ini, hari ulang tahunku. Aku menjadi 33 tahun.

Waktu aku ada di Indonesia, teman2 satu kosanku merayakan aku. Waktu pas menjadi 17 April 2005, berarti jam 12 malam 16, April, mereka datang ke kamarku dan getuk2 pintu. Kalo aku bukain pintu, mereka kejutkanku dengan kue dan minuman dan kado!
kami makan kue, minum jus dan akhirnya ambil poto. Itu seperti acara rutin dalam sahabat2 ku.
Kalo ada orang yang hari ulang tahun, teman2 lain mengejutkannya. Sesudah itu, makan kue, minum jus dan ambil poto.

Kalo hari ulang tahunku pada tahun ini, kemarin malam, pas lewat jam 12 malam, ada SMS dari salah sahabatku tersebut.
Aku senang banget dia masih ingat hari ulangku.

Tuesday, April 11, 2006

Pertemuan Kembali Sama Dosenku

Pada akhir Maret, satu keluarga orang Indonesia pindah ke tempat yang dekat apartmenku.
Mereka adalah dosen2 ku waktu aku belajar di Indonesia. Suami-istri dua-duanya dosen bahasa Indoesnia, dan kali ini suaminya mengajar bahasa Indonesia di sebuah universitas di Tokyo. Oleh karena itu, mereka pindah ke Jepang sama sekeluarga.

Rumah mereka kebutulan dekat dari apartmenku. Jadi, sejak mereka datang, aku sering (hampir setiap hari) ke rumahnya dan membantu mereka. Soalnya mereka belom bisa berbahasa Jepang.

mungkin buat mereka, paling susah belanja. Mereka muslim, harus hati-hati memilih makanan dan bahan makanan yang halal. Di Jepang, banyak sekali makanan yang digunakan babi dan alkohol. Tapi, mereka belom bisa baca tulisan bahan-bahan makanam, jadi, aku bantuin mereka.

Selain itu, waktu pergi ke rumah sakit, ke Sekolah pun, aku nemani mereka.

Mantan dosenku punya 2 anak. satunya berumur 6 tahun, lainnya 2 tahun setengah. Mungkin, yang kecil nyangka aku pembantu baru,,, kan, setiap hari mengurus keluarganya.

Kehidupanku tiba2 sibuk, tapi aku gapapa. Aku suka baget sama mereka.
Dan waktu aku baru tinggal di Indonesia, aku juga dibantuin banyak teman2 orang Indonesia di satu kosanku. Mereka baiiik sekali selalu bantuinku. Jadi aku pingin bantuin juga orang Indonesia.sekarang giliranku.
Aku bisa mengerti perasaan mereka yang baru datang ke negara asing, apalagi mereka ga bisa bahasa Jepang.
Aku juga dapat sempat gomong bahasa Indonesia dan bisa tahu kehidupan keluarga orang Indonesia.

Yang lagi kubelajar itu bahasa kanak-kanak Indonesia!


Bunga dihias di depan pintu masuk apartmenku. Bunga minggu ini "marguerite"

Wednesday, April 05, 2006

Pesumo Mongolia

Baru-baru ini, kehidupanku menjadi sibuk. jadi, beberapa hari lalu, aku ga bisa upload blog ini...
Alasan kesibukannya nanti aku jelasin, tapi yang jelas bukan karena dapat kerja,,,

Ok, hari ini aku memperkenalkan boneka kesayanganku part 2. Boneka ini oleh2 dari Mongolia, jadi, boneka ini emang orang mongolia, Pesumo Mongolia.

Di dunia sumo Jepang, kini ada banyak pesumo orang asing, terutama dari Mongolia. Satu-satunya Yokozuna (Pesumo yang juara besar) sekarang pun orang Mongolia, namanya Asasyoryu.
Ada sebagian orang Jepang yang merasa ga enak megenai hal itu. Sebab, sumo adalah olahraga negara Jepang. Jadi, mereka pikir Yokozuna harus orang Jepang. Tapi kenyataannya, kalo sekarang, yang paling kuat adalah seorang orang Mongolia.

Kalo aku, aku suka Asasyoryu. Aku senang kalo dia menang di pertandingan sumo dan jadi juara pertama.
Dia nakal sekali, jadi kadang2 tinkah lakunya dipermasalahkan kalo dia patut atau ngga sebagai Yokozuna, gitu.

Tapi aku tetap mendorong Asasyoryu!

Sunday, April 02, 2006

Sakura Lebat Berbunga

Kemarin pun kami pergi ke Taman Inokasira. Pohon sakura di sana lagi lebat berbunga. Potonya kurang jelas...ya, tapi, yang putih2 itu bunga sakura. di sepanjang tepi kolam besar, banyak pohon sakura ditanami kayak poto di bawah.

pemandagannya bagus banget!!

Tetapi, selain bunga sakura, orang juga penuh sesak di taman itu. Susah bangat deh berkeliling di taman karena banyak orang....

Wednesday, March 29, 2006

Pasfoto

Baru2 ini, Aku mulai cari kerja lebih serius. Aku pingin bekerja sebagai penerjemah bahasa Indonesia. Jadi, lagi cari perusahaan Penerjemahan dan aku akan kirim surat kepada perusahaan-perusahan tersebut.

Surat-surat untuk kirim kepadanya hampir semua disiapkan.

Tapi, masih ada yang belom siap. Itu potoku. Biasanya kalo bikin surat riwayat kerja, potonya pasti diperlukan, kan?

Aku punya sih pasfotonya. Tapi itu diambil waktu aku masuk universitas di Indonesia, yakni, hampir 1 tahun setengah yang lalu. kolo aku pake poto ini, masalah ga ya?
wajahnya lebih muda dan lebih putih! daripada wajah sekarang.
Waktu ujian wawancara, pasti orang kantor sangka aku orang lain,, hehehe.

Dan warna latar belakang poto adalah MERAH... kolo di Jepang biasanya PUTIH. Pasti ketahuan deh aku pake poto lama, poto yang diambil di Indonesia...

Aku kudu pergi ke mesin foto(Di jepang ada mesin foto kayak ATM dan kami bisa ambil pasfoto diri sendiri tanpa kameraman dan jadinya cepat loh, nunggu cuma 5 menit doang), tapi karena baru pindah, aku belom tahu tempatnya,,,

ahh males...kudu mulai dari nyari tempat mesin poto.

Tuesday, March 28, 2006

Sakit Otot yang Parah

Di depan apartmenku, ada sebatang pohon sakura. Pohon ini lagi berbunga dengan penuh!!
Indah banget kan?

Baru-baru ini, setiap hari aku berjalan-jalan selama beberapa jam sambil belanja dan lain2.
Karena udaranya udah mulai hangat, enak jalan2 dan asik berkeliling di kota baru.

Tapi, hal yang aku ga tersangka terjadi. Betisku dua-duanya jadi sakit otot.

Hemm,,, aku baru tahu betapa kurangnya berolahraga...cuma jalan2 doang langsung sakit otot.
Aku selalu berolahraga sejak SD, jadi aku sebenarnya sedikit percaya diri tentang badanku ato kekuatan badan...Jadi,

pegalaman baru loh buatku, cuma jalan2, terus jadi sakit otot BETIS!

Udah beberapa hari lewat sesudah aku jadi sakit otot, tapi sakitnya belum sembuh nih...

Monday, March 27, 2006

Pertemuan yang kebetulan

Sabtu kemarin, aku ikuti kegiatan sukarelawan di suatu tempat. kegiatan ini bertujuan membantu orang asing yang tinggal di kota kami. Sebagai penerjemah, kami menemani orang asing di tempat umum, misalnya seperti di kantor walikota ato di sekolah dll dan membantu mereka untuk mengurus macam2 hal.

Sesudah kegiatan selesai, aku menuju ke stasiun kereta untuk pulang. Waktu itu, aku liat seseorang.

Tumben, ada orang yang pake jilbab. Mahasiswa pertukaran kali. Di kota ini, lumayan banyak orang asing tinggal karena ada banyak universitas dan ,, dan,, kenapa ya? Ga tahu alasannya, tapi di kota ini banyak orang asing tinggal dibandingkan di kota lain sekitarnya.

Aku liat cewek itu.

Dia juga lihatku agak lama.

"Mayu~~~!!!"
"W~~~~~!!!"

Dia temanku yang kenal di Indonesia! Dia sekarang belajar bahasa Jepang di sebuah universitas di Tokyo. Aku udah tahu hal itu, tapi, ga pernah hubunginya sesudah dia pergi ke Jepang.

Kebutulan banget.

Iyaa, ada juga ya pertemuan yang kebetulan kayak gini.
Selama sehari, saya senang sekali karena ketemu lagi ama temanku.

Boneka kesayanganku(Foto ini tidak ada hubungan dengan cerita...)

Sunday, March 26, 2006

Musim Semi Udah Datang

Hari ini aku dan pacarku pergi ke taman Inokasira yang dekat dari apartmen kami. Sakura belom bermekar, tapi karena udaranya udah mulai hangat, banyak orang juga jalan-jalan ke taman ini.

Kami makan siang dan minum bir di sana. Kenapa makanan dirasakan lebih enak ya kalo dimakan di luar?

Di bawah pohon sakura, banyak orang duduk dan makan2 dan minum2, yakni mulakukan hanami (piknik untuk menikmati pemandangan bunga) walaupun sakura belom berbunga.

Selama seminggu yang akan datang, mungkin sakura berbunga dengan penuh.

Friday, March 24, 2006

Balik ke Tokyo

Pada tanggal 21, aku balik ke Tokyo. Selain Kanazawa dan Fukui, aku mampir ke Osaka juga. Beberapa teman lama tinggal di Osaka. Salah satu teman tinngal di apartmen. Dia beli apartmen tahun kemarin.
Dia cewek, masih single, dan seumurku. Tapi dia milih beli apartmen buat diri sendiri. Hebat ya. Aku belum berani beli apartmen ato rumah. Aku ga mau punya utang gede banget.
Jadi aku milih nyewa apartmen.

Apartmen baruku masih kaco, barang2nya belom diberesin. Tapi aku enak di apartmen, habis luaaas(cuman tambah 1 kamar aja sih, tapi buatku cukup luas).

Oh ya! hari ini, hari ulang tahun sahabatku di Indonesia.
Happy Birthday Tia !

Monday, March 20, 2006

Mudik Yuk!

Sejak tanggal 17 sampe 18,aku pergi ke Kanazawa(dari Tokyo kira-kira 8 jam dengan bus).
Kanazawa adalah tempat kampusku dan tempat kerja lamaku.
Aku tinggal di sini selama 11 tahun.

Pada tanggal 17,aku ketemu ama teman2 tempat kerja lama. Aku bisa ketemu lebih 10 orang teman!


Esok hari, aku jalan2 di pusat kota. Fotonya salah satu tempat belanja kesayanganku.
Habis jalan2, aku pergi ke kampung halamanku, Fukui. Fukui dekat dari Kanazawa. Kalo pake kereta,Cuma 2 jam.

Friday, March 17, 2006

Selamat Tinggal  Si Ayam!

Kemarin aku Pindah apartmen.

Di apartmen lama,kadang2 terlihat beberapa ayam. Ayam itu dipelihara oleh pemiliK apartmenku yang tinggal di depan apartmentku.

kini, di Jepang jarang ketemu sama ayam di jalan. Jadi aku suka lihat mereka. Habis pemandangannya kayaK Indonesia.

Tapi,aku akan pindah, harus berpisah ama mereka. Sayang sekali...

Tuesday, March 14, 2006

Lampu Mati!

Kemarin malam, sekitar pukul 22.30, tiba2 lampu mati di sekitar rumahku.
Pada awalnya aku kirain breaker Listrik rumahku mati karena pake banyak listrik. Ternyata di sekitar rumah, semuanya mati lampu.

Aku nyari lilin dan nyalain 2 batang lilin. kalo lampu sentor, udah dimasukin ke dalam kardus untuk pindah.

Tumben banget terjadi mati lampu di Jepang dan cukup lama listriknya mati, kira2 1 jam ya. karena gelap, aku mulai siap tidur. Tapi, lampu baru hidup kembali.

Tadi pagi, aku cari berita tentang mati lampu kemarin malam di dalam surat kabar, tapi tidak ada imformasinya. Mati lampu kemarin alasannya apa sih?

Tetapi, karena menjelang malam berbulan purnama, luarnya lebih terang daripada dalam rumah.
Cahaya lilin juga indah sekali. Sambil menikmati cahaya lilin, aku minum syochu (sejenis alkohol Jepang).

Lilin yg Kupake.Yang Gede Dibikin Oleh Temanku

Monday, March 13, 2006

Temanku, iBook

Hari ini pun aku ada di rumah mulu.
Sejak balik ke Jepang, aku selalu ada di rumah. Sebenarnya aku mo cari kerja dan lagi cari kerja juga, tapi belom dapet.

Aku udah bosan ada di rumah mulu. Aku teringat kata2 sahabat orang Indonesiaku. Dia juga cari kerja sudah beberapa bulan waktu aku masih di Indonesia. Dulu, dia bilang dia bosan ada di kosan mulu, tapi tidak ada duit buat main.
iya,, sekarang aku sungguh2 mengerti perasaannya. Waktunya banyak tapi ga ada duit.

Di Jepang, kalo mo pindah, banyak duit dihabiskan ketika kami mengontrak untuk nyewa apartmen baru.
Pada umumnya, Sejumlah uang yang sama dengan uang sewa buat 6 bulan diperlukan buat dibayar sebagai uang kontrak. (kalimatnya kacau..ya. Bisa mengerti ga? misalnya, kalo uang sewa apartmen 100.000 yen perbulan, kami bayar dulu kira-kira 600,000yen waktu baru mengontrak.) Uang ini bukan uang sewa buat 6 bulan, melainkan uang untuk kontrak. Jadi, selain duit di atas, kami harus bayar uang sewa setiap bulan.

Aku akan pindah dan udah bayar uang kontrak. Jadi, sekarang duitku ga cukup buat hidup dengan mewah, aku harus berhemat sampai dapat pekerjaan baru.

Jadi, aku selalu ada di rumah.
Terus aku sering buka Internet dan liat situs2 lain, nulis blog ini dan kirim E-mail sehingga aku selalu bersama dengan ibook yang kesayanganku.
Sejak aku balik ke Jepang, dia yang paling lama bersamaku di antara teman2ku.

Gimana sih hidup kayak gitu?

Humm, pasti ga baik, ga sehat...

Lusa, aku akan pindah ke apartmen baru. Setelah pindah, aku akan mengubah hidupku.Sumpah deh!

Temanku yang Paling Dekat Selama Ini

Sunday, March 12, 2006

Kereta Bawah Tanah yang Rumit

Kemarin aku ikuti ujian kemampuan bahasa Indonesia di Tokyo. Ini ujian wawancara. Dulu, aku ikuti ujian tertulis pada Januari tahun ini dan aku lulus (hebat2 hehehe), jadi kemarin ikut ujian kedua, yaitu ujian wawancara.

Temapt ujian ada di Tokyo. Untuk ke sana, aku harus naik kereta dan kereta bawah tanah. Jalan ke tempat ujiannya rumit... aku harus pindah kereta dua kali.

Trayek kereta dan kereta bawah tanah di Tokyo rumiiiit sekali. Aku harus cari jalan yang paling cepat dan paling murah.

Sekarang kami bisa cari jalan lewat Internet. Aku cari jalan di suatu situs di Internet dan catatnya di agendaku.

Walaupun demikian, waktu aku menuju tempat ujian, hampir aja aku nyasal...

iya,, aku orang kampung nih,,, belom biasa pindah kereta bawah tanah..

Aku bisa ga sih hidup di Tokyo nanti?

Trayek Kereta Bawah Tanah Sangat RumiT!

Friday, March 10, 2006

Dua Gelas Bir

Kemarin malam, aku ikuti kursus bahasa Indonesia di Yokohama. Sejak balik ke Jepang, aku ikuti kursus itu seminggu sekali, yaitu setiap hari Kamis. Gurunya orang Indonesia dan teman2 yang ikuti kursus 6 orang. Ada bapak2 dan ibu2 juga. iya, hampir semua termasuk guru, bapak2 dan ibu2..ya. Aku sekarang 32 tahun, tapi paling muda di dalam kelas.

Habis kursus, kami dan guru pergi ke restoran dan ngobrol sambil makan2 dan minum2 setiap kali. kalo pak guru, beliau orang kristen, (jadi?) selalu minum anggur merah.
Lucunya, ada bapak yang datang kursus untuk pertemuan ini daripada untk belajar. Sebab senang ngobrol ama teman2 dan guru. Aku juga suka ikuti pertemuan ini.

Di dalam pertemuan ini, aku selalu minum bir hanya 2 gelas gede (gelas seperti ada di warung di Indonesia). Sebenarnya, aku mo minum lebih banyak, tapi harus naik kereta listrik 45 menit untuk pulang ke rumah, jadi cuma 2 gelas aja supaya ga mabuk. soalnya kalo naik kereta dengan mabuk, aku nanti merasa ga enak. Dulu, waktu naik kereta setelah minum bir banyak, aku mual banget di dalam kereta, tapi ga mau muntah di dalam kereta, aku tahan nih sampe di stasiun yang aku akan turun, dan habis turun, langsung berlari ke toilet dan muntah-muntah...hehehe. Pengalaman yang pahit ya.

kalo ada orang yang baca blog ini sambil makan, sory ya,cerita jorok.

Jadi, aku selalu minum 2 gelas aja kalo akan naik kereta.

Orang harus belajar dari pengalaman!

Wednesday, March 08, 2006

Berita Indonesia yang Indonesia Banget

Di dalam sebuah surat kabar Jepang hari ini, ada berita tentang Indonesia. Berita adalah kecelakaan kereta listrik di Jakarta.
Menurut berita, karena banyak orang (lebih 200 orang) naik di atas atap kereta, atap kereta roboh dan banyak orang terluka. Untungnya, ga ada orang tewas.
tapi, hum... Indonesia banget ya.

Waktu aku ada di Indonesia, aku kadang2 naik kereta. Waktu itu selalu ada beberapa orang di atas kereta. Sejujurnya, aku mau coba naik sampe atap. Aku mau tahu rasanya di atas atap waktu kereta brjalan. Tapi aku ga pernah coba. Biasanya orang2 yang naik cowok saja. Aku tdk pernah liat cewek yang naik. Aku ga bisa minta teman2 orang Indonesia untk naik ke atap bareng. Habis pasti mereka nolak mintaku dan mereka pikir aku gila.

Ada juga tempat kuingin duduk selain atap. Itu adalah pintu masuk gerbong. Pintunya selalu terbuka sehingga angin sejuk selalu masuk. Pasti enak kalo duduk ato berdiri depan pintu. Tapi di sana juga ga terlihat cewek. kenapa ga ada cewek.. Soalnya, bahaya! iyalah bahaya banget! Ada kemungkinan jato dari gerbong yang lagi berjalan.

Aku udah cukup dewasa dan pahami situasi berbahaya, jadi, tak akan coba naik ke atap ato duduk di pintu masuk gerbong walaupun ada kesempatan. Cuman keinginan dalam hati aja. jadi,Ga usah khawatir deh.

Monday, March 06, 2006

Tanda Musim Semi

Di Jepang, musim semi sudah mulai datang. Di sana sini, kami bisa liat bunga2 yang mulai berkembang sedikit demi sedikit. Sekarang, pohon aprikot Jepang (nama bahasa Jepang "ume") sedang lebat berbunga kayak foto di bawah. tampaknya agak mirip sama "sakura", tapi lebih sederhana dan kurang mewah dibandingkan sama "sakura".
Kebanyakan orang Jepang lebih gemari "sakura" daripada "ume". Waktu musim "sakura", banyak orang suka piknik (namanya "hanami") di bawah pohon bunga "sakura".

Tapi, kalo aku, suka "ume" dan "sakura" dua-duanya.
"Ume" tidak begitu mewah, tapi, ada wangi sedikit, dan pohon "ume" lah yang jadi tanda musim semi akan datang.

Di dekat dari apartmen baruku, ada taman besar yang punya banyak pohon "sakura".
Waktunya Musim "sakura" tergantung setiap daerah. Kalo daerahku, mungkin pada akhir Maret.
Aku nunggu datang musim "sakura". Nanti aku akan motret pohon "sakura" yang sedang lebat berbunga di taman tersebut.
Pandagannya pasti akan indah banget, hebat, dan mengharukan!

Pohon Aprikot Jepang

Sunday, March 05, 2006

Cara buang sampah di Jepang

Aduh.. udah masuk bulan Maret. Waktunya berlalu begitu cepat.

Aku udah dapat apartmen baru di Tokyo. kami akan pindah ke sana pada tanggal 16 Maret. Jadi sekarang aku kadang2 beres2in banyak barang. Misalnya, buang banyak majalah lama, bawain buku2 lama untuk dijual ke toko bekas, dan buang barang2 yang tak dipake lagi, tapi pemberesannya tidak begitu maju. Masih banyak barang yang nunggu diberesin.

Soalnya, kami ga bisa buang sampah kapan saja seenaknya.

kalo mau buang sampah, kami harus patuhi peraturan megenai cara buang sampah. Setiap rumah punya brosur megenai cara memilah-milah sampah dan kami buang sampah dengan sesuai brosur tersebut.

Misalnya, kalau di kota kami,

1, sampah yang boleh dibakar (sampah dapur, barang yang terbuat dari plastik, kulit, kayu, dll)
- harus dibuang setiap hari Selasa, kamis dan Sabtu

2, sampah yang tidak boleh dibakar ( barang yang terbuat dari kaca, kaleng)
- harus dibuang pada hari Jumat ke-2 dan ke-4

3, sampah yang tidak boleh dibakar ( barang yang keculai 2(atas), misalnya, barang yang terbuat dari keramik dan barang yang berbahaya seperti pisau, gunting, dll)
- harus dibuang pada hari Jumat ke-2 dan ke-4

4, kertas(harus dipisahin surat kabar, kardus, kemasan minuman seperti susu, jus, dan kertas yang lain)
- harus dibuang pada hari Jumat ke-1 dan ke-3

5, baju bekas dan kain2
-harus dibuang pada hari Jumat ke-1 dan ke-3

6, botol yang terbuat dari pet (seperti botol aqua)
-harus dibuang pada hari Jumat ke-1 dan ke-3

2, 4~6 akan didaur ulang.

7, barang yang besar (seperti perabot, sepeda, kasur, dll)
-kami harus menelpon ke pusat pengumpulan sampah dan minta bawain barang tersebut ke pusat itu dan harus bayar juga 500yen (kira2 Rp.40,000 ) per barang.

Gimana ya,,, pusing bangeeeet kan?
tapi, ini buat menjaga lingkugan kami, jadi apa boleh buat. Bagi orang Jepang, sudah terbiasa buang sampah kayak gini.

Waktu baru tinggal di Indoneia, aku heran cara buang sampah di sana. Hampir tidak ada peraturan. kami bisa buang apa saja, kapan saja, dengan campur semua sampah. kadang2 terlihat tempat sampah kering dan basah. tapi, ini ada ga artinya?
kalo hujan, semuanya jadi basah. Buat apa sih milah2 sampah? Kalo ada orang bisa jelasin, tokong kasihtahuku!

Brosur ttg Cara Buang Sampah

Friday, February 17, 2006

Bikin Soto Ayam

Aku bikin Soto ayam buat makan malam hari ini. Aku pake bumbu instan yang kubawa pulang dari Indonesia.

Cara masaknya gampang. Rebus daging ayam, rebus kentang, rebus soun. Masukkan bumbu instan ke dalam air panas dan aduk sampe rata.

Waktu makan, baru masukkan ayam, kentang, saun, toge segar, seledri ke dalam mangkok dan tuangkan kuah soto ke dalam mangkok tersebut. Lalu, tambahkan tetesan jeruk nipis. Jadi deh!

Karena ga ada bawang mereh, rasanya kurang. Tapi, lumayan sih.
Aduh, karena aku lapar, habis bikin, langsung makan... jadi ga ada foto soto ayam.

Bumbu instan yg kupake

Monday, February 13, 2006

Jalan-Jalan ke Stasiun

Aku jalan2 sampai ke stasiun yang terdekat dari Rumah. walaupun terdekat, kalo jalan kaki, makan waktu lebih 45menit.

kenapa tiba2 mau jalan2 sampai ke stasiun? Ceritanya begini.

Habis balik dari Indoesia, Aku selalu ada di rumah...nonton sinetorn, baca buku, buka Internet, beres2 barangku...
Waktu ada di Indonesia, aku setiap hari berjalan ke kampus. Waktunya 25menit, jadi bolak-baliknya 50menit.

Tapi, sekarang, kadang2 ada hari yang aku tidak keluar dari rumah satu langkah pun seharian. Abis males..dingin..

Terus terang kurang olahraga, aku khawatir kesehatanku sendiri. Jadi hari ini, aku coba berjalan kaki sampai ke stasiun.

Akibatnya..Cape... tapi segar juga! Enak jalan-jalan kalo ga hujan, ga salju dan ga begitu kedinginan. Dan aku bisa beli coklat buat pacarku untuk besok. Aku hampir lupa besok hari valentine's. karena jalan2 sampai ke kota(maksudnya rumahku ada di kampung banget), aku teringat pada harinya. Bagus2.

Sunday, February 12, 2006

Cari Apartmen

Hari ini , aku pergi ke Tokyo untuk cari apartmen baru. Aku dan pacarku mau pindah ke Tokyo pada pertengahan Maret.

Sekarang apartmenku punya cuma satu kamar. Buat dua orang, sempit banget. Jadi, kami putusin pindah apartmen yang lebih luas.

keinginan kami terhadap apartmen dua kamar dan dapur. Itu saja. kalo Biaya apartmen, kami bisa bayar uang sewa yang berkisar 80.000yen(kira2 Rp.6,5juta)~95.000yen(kira2 Rp.7,8juta) perbulan.

Tetapi... daerah yang kami mo pindah, tidak ada apartmen yang kami inginkan. Maksudnya, uang sewanya lebih mahal dari pada uang yang kami pikir... kami bingun,, pindah daerah atau bayar lebih 10.000yen(Rp.820ribu) perbulan...

Lalu kami putusin bayar lebih 10.000yen. Apartmennya belum tentu, tapi sudah ada beberapa calon apartmen kami.
Minggu depan, kami pergi cari apartmen lagi.

Saturday, February 11, 2006

Reuni dan Pesta perpisahan

Pada sore hari, Aku pergi ke tempat teman di Tokyo. Hari ini ada pertemuan sama teman2 orang Jepang yang aku kenal di universitas di Indonesia. Mereka juga ikuti kursus bahasa Indonesia di seuniversitasku.

Di antara teman2, ada 2 orang yang akan kembali ke Indonesia untuk bekerja di sana. Jadi, pertemuan kali ini menjadi seperti reuni dan pesta perpisahan juga.

Aku baru bisa ketemu sama mereka sesudah setengah tahun berpisah, tapi sebulan lagi mereka akan berangkat ke Indonesia. Aku Sedih. Aku udah mengalami banyak perpisahan ama teman-teman di Indonesia,lalu setelah balik ke Jepang pun, aku lagi-lagi mengalami perpisahan ama teman-teman. Humm...

Tapi apa boleh buat. Aku mau doain mereka berhasil di sana!

Friday, February 10, 2006

Goreng Emping

Hari ini, aku goreng emping dan ikan asin. Ini juga oleh2 dari teman orang Indonesia.

Waktu aku ada di Indonesia, aku suka makan emping. Aku sering beli bungkus Emping di warung di depan kosanku.
Emping agak pahit kalo dimakan, aku suka rasa itu.

Temanku ingat aku suka Emping, jadi waktu aku balik ke Jepang, dia kasih banyak emping dan ikan asing yang belum digoreng.

Hari ini, aku baru gorengnya. Dicoba makan, rasanya enak!

Emping dan Ikan Asin yang baru digoreng

Wednesday, February 08, 2006

Ke Rumah Sakit

Hari ini, aku pergi ke rumah sakit yang terdekat dari rumahku karena batuk-batuk belum sembuh. Aku terbatuk-batuk udah lebih sepuluh hari...

Aku tiba di rumah sakit pada pukul 3.30. Tapi giliranKu datang pada pukul 5.30... Aku cape nunggu, kadang2 ketiduran di sofa di ruang tunggu.
Sekarang musim flu, banyak pasien datang ke rumah sakit.

Kemudian, gililanku. Walaupun dokter berobat aku, sebab batuk belum tentu. Kok bisa gitu sih? Emang bukan flu, dan bukan juga radang tenggorokan.

Dokter :Apakah Anda asma?
Aku :ngga, dok.
Dokter :Apakah Anda ada di tempat berdebu?
Aku :Humm... iyaa sedikit berdebu...(Maksud dok, rumah saya berdebu-debu, kurang bersih??)

Akhirnya, sebabnya belum bisa ditemukan. Tapi, kayaknya debu rumah kali. Ah~ harus bersihin kamar!

Tuesday, February 07, 2006

Surat dari Indonesia

hari ini, aku terima surat dari Indonesia. surat itu dikirim oleh salah satu sahabat orang Indonesia. Di dalam surat, ada tiga lembar foto.

Pada sehari sebelum aku pulang ke Jepang, aku dan teman2ku berkumpul dan ke studio untuk motret.
Foto yang dikirim hari ini adalah foto waktu itu.

Waktu itu, habis foto, kami berkumpul di kosan tempat aku tinggal setahun dan kenal sama mereka. lalu, kami ngobrol sambil makan2 dan minum2 sampai larut malam.

kenangan indah.

Aku nangis sambil baca surat dari sahabat itu.

Aku kangen bangat sama mereka dan Indonesia.
kapan aku ke sana lagi?

Oh ya, Aku terima banyak cenderamata dari teman2 juga waktu pulang ke Jepang selain kue keranjang.
Terima kasih banyak ya. Aku mau mengucapkan terima kasih kepada mereka di dalam blog ini!

Salah satu cenderamata dari teman

Monday, February 06, 2006

Telepon dari Indoensia

pada malam, ada telepon dari Indonesia.

Yang telepon adalah bapak orang Indonesia. Aku kenal sama dia di dalam bus malam yang menuju Jakarta dari Denpasar pada awal Januari tahun ini. Dia baiiik banget. Selalu kasih kue, makanan, dan lain2 kepadaku selama perjalanan bus.

Setelah berpisah sama dia di terminal, kami masih hubungi lewat SMS hampir setiap hari. lalu, sebelum aku pulang ke Jepang, dia kirim kue keranjang kepadaku sebagai cenderamata(karena menjelang hari Imlek kali). Jumlahnya 10...beratnya 5kg... karena terlalu berat, aku bawa pulang hanya 5 buah. Maaf ya kak(aku panggil bapak itu 'kak'). Foto di bawah adalah kue keranjang yang dibawa pulang ke japang.

Aku senang bisa ngomong sama kakak. Aku belum kabari kakak sesudah balik ke Japang. Jadi dia khawatir aku kali.

Sunday, February 05, 2006

kehidupan baruku mulai dengan masuk angin

Pada tanggal 28 Januari 2006, aku baru tiba di bandara Narita dari Indonesia. Aku tinggal di Indonesia selama satu tahun setengah untuk belajar bahasa Indonesia. Karena kuliahku selesai, aku balik ke Jepang dan mulai kehidupan baru di Jepang.

karena aku orang Jepang dan masih lagi belajar bahasa Indonesia, mungkin masih banyak kesalahan tata bahasa dan kesalahan kosakata di dalam blog ini. kalo susah dibaca karena itu, sory ya. Tapi, kolo ada kesalahan terlalu parah dan ga bisa bertahan baca, tolong kasihtahu ya. Itu jaga kesempatan baik buatku untuk belajar bahasa Indonesia.


Nah, bagemana aku merasa waktu baru tiba di Jepang?

Pertama, ga ada tulisan bahasa Indonesia!(memang, di sini Jepang!)
Kedua, dingin!(sekarang musim salju di Jepang)
ketiga, bersih!
keempat, kering!

karena kering dan dingin banget, aku langsung masuk angin dan sakit tenggorokan.

kemarin, baru hampir sembuh, tapi masih batuk...

Hari ini turun salju. pantasan dingin banget.

Pandangan dr rumahku