Monday, April 17, 2006

Hari Ulang Tahun

Hari ini, hari ulang tahunku. Aku menjadi 33 tahun.

Waktu aku ada di Indonesia, teman2 satu kosanku merayakan aku. Waktu pas menjadi 17 April 2005, berarti jam 12 malam 16, April, mereka datang ke kamarku dan getuk2 pintu. Kalo aku bukain pintu, mereka kejutkanku dengan kue dan minuman dan kado!
kami makan kue, minum jus dan akhirnya ambil poto. Itu seperti acara rutin dalam sahabat2 ku.
Kalo ada orang yang hari ulang tahun, teman2 lain mengejutkannya. Sesudah itu, makan kue, minum jus dan ambil poto.

Kalo hari ulang tahunku pada tahun ini, kemarin malam, pas lewat jam 12 malam, ada SMS dari salah sahabatku tersebut.
Aku senang banget dia masih ingat hari ulangku.

Tuesday, April 11, 2006

Pertemuan Kembali Sama Dosenku

Pada akhir Maret, satu keluarga orang Indonesia pindah ke tempat yang dekat apartmenku.
Mereka adalah dosen2 ku waktu aku belajar di Indonesia. Suami-istri dua-duanya dosen bahasa Indoesnia, dan kali ini suaminya mengajar bahasa Indonesia di sebuah universitas di Tokyo. Oleh karena itu, mereka pindah ke Jepang sama sekeluarga.

Rumah mereka kebutulan dekat dari apartmenku. Jadi, sejak mereka datang, aku sering (hampir setiap hari) ke rumahnya dan membantu mereka. Soalnya mereka belom bisa berbahasa Jepang.

mungkin buat mereka, paling susah belanja. Mereka muslim, harus hati-hati memilih makanan dan bahan makanan yang halal. Di Jepang, banyak sekali makanan yang digunakan babi dan alkohol. Tapi, mereka belom bisa baca tulisan bahan-bahan makanam, jadi, aku bantuin mereka.

Selain itu, waktu pergi ke rumah sakit, ke Sekolah pun, aku nemani mereka.

Mantan dosenku punya 2 anak. satunya berumur 6 tahun, lainnya 2 tahun setengah. Mungkin, yang kecil nyangka aku pembantu baru,,, kan, setiap hari mengurus keluarganya.

Kehidupanku tiba2 sibuk, tapi aku gapapa. Aku suka baget sama mereka.
Dan waktu aku baru tinggal di Indonesia, aku juga dibantuin banyak teman2 orang Indonesia di satu kosanku. Mereka baiiik sekali selalu bantuinku. Jadi aku pingin bantuin juga orang Indonesia.sekarang giliranku.
Aku bisa mengerti perasaan mereka yang baru datang ke negara asing, apalagi mereka ga bisa bahasa Jepang.
Aku juga dapat sempat gomong bahasa Indonesia dan bisa tahu kehidupan keluarga orang Indonesia.

Yang lagi kubelajar itu bahasa kanak-kanak Indonesia!


Bunga dihias di depan pintu masuk apartmenku. Bunga minggu ini "marguerite"

Wednesday, April 05, 2006

Pesumo Mongolia

Baru-baru ini, kehidupanku menjadi sibuk. jadi, beberapa hari lalu, aku ga bisa upload blog ini...
Alasan kesibukannya nanti aku jelasin, tapi yang jelas bukan karena dapat kerja,,,

Ok, hari ini aku memperkenalkan boneka kesayanganku part 2. Boneka ini oleh2 dari Mongolia, jadi, boneka ini emang orang mongolia, Pesumo Mongolia.

Di dunia sumo Jepang, kini ada banyak pesumo orang asing, terutama dari Mongolia. Satu-satunya Yokozuna (Pesumo yang juara besar) sekarang pun orang Mongolia, namanya Asasyoryu.
Ada sebagian orang Jepang yang merasa ga enak megenai hal itu. Sebab, sumo adalah olahraga negara Jepang. Jadi, mereka pikir Yokozuna harus orang Jepang. Tapi kenyataannya, kalo sekarang, yang paling kuat adalah seorang orang Mongolia.

Kalo aku, aku suka Asasyoryu. Aku senang kalo dia menang di pertandingan sumo dan jadi juara pertama.
Dia nakal sekali, jadi kadang2 tinkah lakunya dipermasalahkan kalo dia patut atau ngga sebagai Yokozuna, gitu.

Tapi aku tetap mendorong Asasyoryu!

Sunday, April 02, 2006

Sakura Lebat Berbunga

Kemarin pun kami pergi ke Taman Inokasira. Pohon sakura di sana lagi lebat berbunga. Potonya kurang jelas...ya, tapi, yang putih2 itu bunga sakura. di sepanjang tepi kolam besar, banyak pohon sakura ditanami kayak poto di bawah.

pemandagannya bagus banget!!

Tetapi, selain bunga sakura, orang juga penuh sesak di taman itu. Susah bangat deh berkeliling di taman karena banyak orang....