Wednesday, June 06, 2007

Bunga-bunga bermekar

Kemarin Sabtu, aku jalan-jalan ke taman yang dekat dari rumahku.

Di sana berbunga-bunga macam-macam.

Ini bunga Ajisai(kembang bokor). Biasanya bunga itu bermekar pada musim hujan, yaitu bulan Juni.
Ada teman yang lahir di bulan Juni. Katanya, kalo terdapat bunga ajisai di sana sini, dia senang karena bulan dia(maksudnya hari ulang tahun dia) akan datang.



Di taman yang sama, terdapat juga bunga shirotsumegusa (semanggi).
Aku kangen banget sama bunga ini. Masa SD, kalo datang bulan Mei, banyak bunga semanggi bermekar. jadi, aku dan teman2 sering ke sana dan bikin kalung bunganya dan nyari-nyari semanggi berdaun empat. Waktu itu, kalo ngga salah, aku dapat semanggi berdaun empat. Aku bawa pulangnya dan bikin Oshibana(bunga atau daun yang dipecakkan dan dikeringkan) biar tahan lama. Tapi, sekarang aku lupa disimpan di mana.

9 comments:

Katie said...

waa~ di jepang ada banyak bunga ya sensei? aku aja gak tau bunga bokor itu apa xDD;; tapi kalau nama bahasa inggrisnya aku tau ^-^

kalau di indonesia sih bunganya sedikit banget..

mayu said...

halo Ketie.
bukan namanya bunga bokor ya?
aku tadi baru cari di kamus besar bahasa Indonesia. ternyata nga ada kata kembang bokor. Padahal di kamus jepang-Indonesia ada.

kalo nama bahasa Inggris, hydrangea,kan? bukan?

kalo perasaanku, di indonesia, banyak banget bunga-bunganya.
aku suka bunga sedap malam. Bunganya wangi sekali.

Katie said...

nggak ah di indonesia gak terlalu banyak bunga kayak di jepang xD klo di jalanan kayaknya sedikit banget bukanya. iyah klo bahasa inggrisnya hydrangea :D

sensei aku sekalian mau nanya boleh nggak? xD di bahasa jepang 'キョロ キョロ' tuh artinya apa sih sensei? xDD;;

mayu said...

>katie
kalo キョロキョロ(kyoro-kyoro),artinya melihat-lihat sana-sini.
biasanya dipake kata dengan する(suru), jadi, キョロキョロする.

Misalnya,
"Aku nyasar dan melihat-lihat sana-sini di sekitarnya."
(みちにまよって、まわりをキョロキョロする ;Michi ni mayotte mawari wo kyoro kyoro suru.)

mengerti?

Katie said...

aa wakatta! :D arigato sensei!

Wenda said...

kok mayumi tau kata2 kembang bokor ya??
aku aja yang orang indo, ga tau..
hihihihi...
kapan2 aku mau liat ahhhh

Fandi said...

Halo :)
Dulu mahasiswa UI ya?
Sekarang masih kuliah atau kerja?
Ngomong-ngomong, bunganya bagus. Oya, nama Inggris Semanggi apa ?

mayu said...

Halo Fandi,
Makasih datang blogku.

Nama inggris semanggi "clover" atau "shamrock". Kalo kata Clover sering disebut Orang jepang juga.

Aku pernah belejar di BIPA(program bhs Indonesia untuk penutur asing), FIB UI, dan sekarang udah di Jepang dan bekerja.

salam kenal ya.

rie said...

halo,hajimemasite,
saya orang Jepang,tinggal di Sizuoka-ken,rumahnya ada di dekat gunung Fuji.Mayu san no blog ga totemo tanosii node mata kimasu.yorosikune!