Tuesday, October 16, 2007

Selamat Idul Fitri

Sabtu kemarin, aku pergi ke Meguro(nama kota) untuk shalat Id sama teman orang Indonesia(tepatnya untuk menonton orang yang bershalat). Di sana, ada sekolah untuk orang Indonesia dan sekaligus jadi tempat Jumatan dan shalat Id.
Karena tahun ini Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu, buaaanyak orang Indonesia berkumpul.
Aku duduk di pinggir dan memandang orang2 bershalat dan aku teringat lebaran di Indonesia.

Aku pernah mengalami bulan puasa dan lebaran di Indonesia dua kali selama di sana. Yang pertama, aku ikut berpuasa sebulan total dan menyambut lebaran di rumah nenek temanku di Desa Silau(dari Medan 5 jam dg mobil, dekat Tanjung Balai) dan Medan.

Yang kedua, aku berpuasa setengah bulan dan ikut mudik teman lain lagi dan menyambut lebaran di Bukit Tinggi dan Pekanbaru.

Waktu itu, ketika aku berpuasa, beberapa teman orang Korea mengatakan, "kok kenapa ikut puasa? Kamu bukan Muslim, kan? Puasa itu bukan permainan loh." Tapi, kalo teman orang Jepang mengatakan, "Wah kamu ikut puasa ya. Aku juga mau coba!"

Orang yang coba berpuasa itu semuanya orang Jepang. Ga ada orang asing yang negara lain. Itu fenomena yang menarik. Kenapa orang Jepang mau coba berpuasa dan orang asing yang lain tidak?

Menurutku, ini perdedaan pandangan terhadap agama. Kebanyakan orang Jepang tidak beragama tertentu dengan serius, jadi, bisa coba-coba beragama lain. Dan kalo aku pingin tahu kebudayaan orang Idnoesia melalui berpuasa. Karena kebudayaan dan agama di Indonesia tidak bisa terpisah. Kebudayaan pasti terpengaruh oleh agama. Dan aku pingin tahu juga perasaan orang Muslim berpuasa. Memang aku tidak bantah bahwa aku berpuasah bukan hanya untuk mengetahui kebudayaan tapi juga untuk menikmati suasana ramadhan sama teman2 sekosan orang Indonesia. Iya, jujurnya, waktu aku berpuasa aku senang walaupun susah, karena aku terasa bersamaan sama teman2ku. Setiap pagi bangun Jam 3 bersama dan makan sahur dan berbuka puasa bersama sambil nonton sinetron "Hikmah".
Aku terasa kami maju ke tujuan sama dengan semangat dan dengan rasa solidaritas.

Tapi, kalo ada orang yang merasa seperti orang Korea di atas, aku sebaiknya tidak boleh ikut puasa karena memang puasa bukan game, tapi ibadah. Waktu aku berpuasa, aku tidak nerima pendapat negatif dari orang Indonesia, tapi sebenarnya merasa aneh ya?

Sesudah balik ke Jepang, aku tidak pernah ikut berpuasa. Di Jepnag tidak ada suasana bulan puasa sama sekali dan kalau begitu, tidak ada arti untuk orang non-Muslim ikut berpuasa.

15 comments:

wenda said...

mayumi-sannn!! ogenki desu ka?
SELamat Idul Fitri jugaaa...
wahh..aku ga nyangka kalo dulu waktu di indonesia, mayu-san juga ikut puasa, sampe sebulan penuh lagii!!
trus ikut temen2 mudik lagi..heheheh...
pasti asik donk??

hmm...kalo menurutku sih, mayumi ikut puasa, malah buat kita sbagai orang indonesia, jadi terharu...hehehe..
abis kan..mayumi memang bukan islam, tapi mau ikut puasa, ampe sbulan penuh lagiii!! (aku aja ga pernah...eheheheh)

mungkin jugs jsdi merasa dihargai, itu kan yang namanya toleransi beragama....

di jepang ga berasa, di beijing juga nggak!! hehehehe...
jadi kangen indonesia nihhh...
hiihihi...

ngomong2 ngerti bahasaku ga?

mamanya Rui said...

Halo lagi. Aku juga pernah ikutan puasa lho, walaupun aku juga non-muslim, waktu jamannya kuliah dan kost di Surabaya. Tokorode, rumahku sebenarnya di Urayasu, tapi sekarang ikut suami yang lagi ada kerja di Hakodate sampai musim semi tahun depan. Seneng sekali seandainya kita bisa ketemuan kalo aku balik ke Urayasu nanti. Oh ya, nama asliku Maria. Mayu san bisa panggil aku, Maria aja.

sachroel said...

kayaknya gak ada yg bakalan marah/tersinggung kalo mayu-san ikut puasa.

Malah senang karena bisa rame2 puasa. (笑)

カティエ said...

heeeeeee~!? mayumi-sensei puasa sebulan? すごい! padahal mayumi-sensei bukan muslim yah, aku aja tanya ke fumiyo-sensei, fumiyo-sensei bilang kalo puasa kedengerennya susah seharian gak minum..

klo aku sih seneng sensei klo orang lain coba puasa dan malah klo bisa ajak orang-orang berpuasa ~ temenku aja ada islam tapi puasanya asal2an -.-

puasa emang seru yah sensei, tapi aku gak banyak puasa tahun ini gara2 生理 ): utang puasaku jadi 18 hari.. ;o; (泣)

oh ya, tahun ini aku lebarannya di jakarta aja trus ke rumah saudara yang aku aja ga tau trus ngobrol2 gitu seru juga soalnya ternyata sodaraku itu punya banyak crita2 kluarga ^-^ tapi kangen lebaran di bandung ~

mayu said...

Terima kasih, semuanya. Aku senang baca komentar2 semuanya. Aku tidak usah merasa bersalah ya tentang ikut puasa..

dan Mbak Maria, mudah-mudahan kami bisa ketemuan nanti ya.

Ayu said...

Mayumi san, ayo kapan2 kita berpuasa bersama, buka puasa bersama.., pasti seru

mayu said...

>Ayu chan
makasih datang ke blogku.
kalo Ayu akan tinggal di Jepang setahun lagi, puasa barang yuk!

joni_robert161 said...

Assalam Mua`alaikum mayu sensei,tapi sepertinya dipanggil mayu chan lebih ok,!!!
nama saya joni saya lulusan teknik elktro, konsentrasi control engineering,sekarang saya ada di jepang insyaALLAH sampai nov 2009
konsep puasa bukan dapat hanya dapat dilihat secara agama, berdasarkan ilmu kesehatan pun ada pengaruhnya,

(No.1) di dalam perut makanan diolah, zat-zat yang berguna diambil, dan sebaliknya yang tidak dibuang
setiap hari bekerja seperti mesin,
mesin saja butuh istirahat, jadi klo tidak puasa kapan peut di istirahatkan
(No.2) di dunia ini tidak semua orang dapat keberuntungan, ada orang yang kaya sekali sampai bisa makan tiap hari, bahkan cadangan makanannya bisa sampai 1 tahun kedepan, tapi juga ada orang yang pas pas saja, artinya hidup cukup tapi tidak berlebih, ada juga yang kekurangan sampai untuk makan setiap hari saja tidak bisa, untuk itu lah yang berlebih membantu yang kurang, sifat hidup, untuk mersakan apa yang dirasa orang yang kurang secara tidak langsung dapat ditemui pada saat berpuasa

cuma itu yang bisa saya jelaskan, tapi itu semua logis gak ada hub ungan sama agama, kurang lebih mohon maaf

Anonymous said...

Assalam Mua`alaikum
kalo tidak salah
お知らせ
今月の19日 代々木公園に インドネシアイベント
おどり とか
料理 とか
あるかもしれないから来てネ
お楽しみにしております
klo ada teman orang jepang yang ingin datang ke indonesia, bisa dapat informasi disini,karena ada promosi pariwisata juga mungkin,
よろしけおねがいをもしあげます
ジョニ ロベルト
joni-robert@softbank.ne.jp

mayu said...

>Joni san,

Terima kasih banyak atas kedatangan di Blogku dan kasih komentar, dan sory juga balasnya telat sekali...

Sebentar lagi, bulan puasa datang lagi ya. Bagaimana puasa di Jepnag? lebih susah dari puasa di Indonesia?

Dan tentang pesta(インドネシアイベントdi Yoyogi koen), murid-muridku main ke pesta itu. katanya menyenangkan selaki. Semoga tahun depan juga diadakan. karena tahun ini aku tidak bisa ikut.

Dyan said...

mayu san

aku dyan (guru SRIT)
kalau ada waktu main ke SRIT ya

aku siap diskusi sama kamu
dan satu hal yang harus kamu tahu
gak da yang marah kalau kamu belajar puasa atau ibadah lainnya

karena dalam Islam kita menghargai sesama manusia sesuai dengan tingkat kemauan dan kemampuannya dalam memahami arti DIN (agama)

InsyaAllah, saya terbuka untuk pertanyaan...

oya kunjungi juga BLOG saya
www.upikmanis.wordpress.com

dyan

mayu said...

>Dyan,

makasih main ke blogku.
Dan terima kasih banyak kasih komentar tentang puasaku. Aku senang sekali dapat pendapat seperti itu.

Dyan guru SRIT ya?
Aku pernah beberapa kali ke sana dan sempat berbicara sama guru di sana.sudah lama bekerja di sana?

oh yah nanti aku main ke blogmu juga ya.

permata dalam kerlip cahaya said...

mayu san, what should i call you? haha, mbak atau mayu-san aja?

huaa seneng banget, bisa bermain ke blog mayu - san.
salut, ada orang Jepang yang mau berusaha belajar bahasa Indonesia, dan budaya puasa "muslim" Indonesia.

kenalin juga, namaku Intan, masih sekolah, kelas tiga SMA, mayu-san main ke blog-ku ya,,,
ingin sekali bisa kenalan lebih jauh sama Mayu-san..

mayu said...

>Intan,

Terima kasih main ke blogku.

Boleh saja Mbak dan Mayu-san dua2nya.
nanti, aku main ke blog kamu ya.

dunia milik saya said...

halo mayu san :)
kl mnrtku, aku salut dengan mayu san
mau berpuasa dengan 1 bulan penuh walaupun non muslim, sedangkan aku terkadang ada rasa malas..hehe
sukses yaa mayu san :)