Thursday, February 28, 2008

Bikin Miso part2

Pada akhir minggu kemarin, akhirnya kami membuat miso.

Jumat malam, aku merendam kacang kedalai 2 kilo dalam air.


Sabtu pagi, aku mulai merebus kacang. Rebusnya lama banget, kira-kira 4 jam lebih. Karena panci-panciku kecil, aku kudu merebus 2 kali.

Sesudah semua direbus. kacangnya dibiarkan sampai dingin. Cukup satu jam atau dua jam. Selama menunggu kacangnya jadi dingin, kami campur koji(ragi) dengan garam.

Sampai di situ, sudah menjelang sore...
Kami baru bisa mulai numbuk kacangnya dengan mixer dari jam 3. Kacangnya harus ditumbuk selama kacangnya masih panas.
Setelah ditumbuk, kacangnya dibiarkan sampai dingin. Cukup satu jam atau dua jam. Selama menunggu kacangnya jadi dingin, kami campur koji(ragi) dengan garam.


Kemudian, kita campur dengan ragi dan garam, lalu masukkannya di dalam tempat.


Kali ini, bahan2nya seperti di bawah.

kacang kedalai 2 kilo
koji(ragi beras) 3 kilo
garam 1 kilo

jadinya kira-kira 10 kilo miso.

Sekarang tempat misonya ditaruh di kamar. Semoga berhasil jadi miso yang enak. Jangan sampai jadi miso berjamur penuh...

(* dikoreksi cara membuat pd tgl 4 Agustus 2012)

7 comments:

sachroel said...

perlu waktu berapa lama sampe jadi tuh?

mayu said...

>sachroel
Sama kok. Setahun. Katanya boleh 6 bulan, tapi aku mo nunggu setahun biar lebih enak, tapi kalo gagal lebih banyak berjumur hahaha.

Aan hidayat said...

Nutup nya harus rapat ya?

mayu said...

>Aan hidayat

Salam kenal.Terima kasi main ke blogku.

iya, harus rapat.
Dan yang penting tutup rapat pada permukaan miso dg plastik wrap selain tutup tempat miso. kalau miso kena udara, berjamur banyak nih...

Anonymous said...

itu tempat nyimpen miso nya pake apa? gentong keramik ato ember plastik.. trus si tempat buat nyimpen nya dilapisi plastik wrap ga..? thx sebelum nya

mayu said...

iya,tempatnya boleh dua-duanya.
Tapi kalau bisa lebih bagus gentong keramik.
trus, tempat nyimpan juga ditutup plastik wrap. kalo ada tutup baru dipakai. kalo tidak ada tutup boleh dipakai kertas setelah palastik wrap seperti aku kerjakan.

Yang penting tidak kena udara dan jamur. jadi sebelum masukkan bahan miso, tempat nyimpannya harus disteril dengan alkohol dll.

dan kalo mau coba-coba bikin sedikit, bisa dipakai ziploc plastik sebagai tempat menyimpan.

mayu said...

Trus, soal tempat beli ragi(komekoji: ragi dari beras), coba datang ke Papaya Fresh Gallery (supurmarket Jepang).
alamatnya Jl. Melawai Raya No.28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
tel:021-72793777

aku tidak tahu ada komekoji tapi coba tanya deh. katanya ada shiokoji(ragi beras dengan garam), tapi itu bukan untuk bikin miso, harus komekoji.