Friday, February 15, 2008

Bikin Miso

Pada tanggal 11 Februari, aku dan suamiku main ke rumah teman suami di Kashiwa, Chiba.

Istrinya teman itu jago memasak, bisa bikin roti dibuat dg ragi alam(Tennen kobo pan)(bikinnya dari bikin ragi loh), bikin masakan makrobiotik, dan masakan yang dibikin dengan biji-bijian(zakkoku), pokoknya jago bikin masakan sehatlah.

Dulu, waktu aku dan suami main ke rumahnya, kami makan malam bersama di rumah. Waktu kami minum sup miso(miso shiru), istrinya bilang, "itu dibikin dengan miso(taoco Jepang) yang aku bikin sendiri." Saya kaget,oh bisa bikin sendiri! lagian enak banget supnya.

Kemudian, sebulan lewat. Ada kabar dari teman suamiku. Katanya mau bikin miso tgl 11 Februari. kami langsung menjawab mau ikut! Lalu jauh-jauh ke rumah temannya(dari rumah ke sana 2 jam dg kereta!).

Ternyata cara bikin miso sangat sederhana. Pertama rebus kacang kedelai. Lalu kalau kacangmya sudah empuk, ditumbuk(lebih baik pake food processor).
yang Kedua, kalau kacang sudah jadi cukup dingin, campur dengan ragi beras(kome koji) dan garam yang sudah dicampurkan lebih dahulu.


foto: lagi campur2 kacang dengan ragi dan garam

Sesudah itu, campuran(yang akan jadi miso)nya dimasukkan ke tempat. Itu ditaruh di dalam rumah atau boleh juga di beranda setahun. Selama setahun, tidak usah buka dan ganti tempat. Biar saja setahun.


foto: baru selesai masukkan campuran kacang dan ragi dan garamnya

Aku senang bikin miso rame-rame dan dipengaruhi oleh istrinya.

Setelah balik ke rumah sendiri, kami langsung pesang kacang dan koji dan garam ke toko yang direkomendasi teman.

Kemarin, bahan2nya sudah sampai. Kapan bikin ya? Oh, sebelum itu, aku kudu beli tempat misonya.

6 comments:

sachroel said...

kalo miso nya udah jadi....
minta dong....(笑)

wenda said...

busett..
setahunn??? keburu laper mayusannnnn!!! hahaha....

ngomong2 aku ada yang kurang ngerti kalimat ini...
'Aku senang bikin miso rame-rame dan dipengaruhi besar oleh istrinya.'

yang -dipengaruhi besar oleh istrinya-...
kayanya ada yang kurang sreg gitu...
maksudnya istrinya sangat mempengaruhi mayu-san gitu?

eh yaa...ada salam dari ricky tuhh..

mayu said...

>sachroel
Boleh. Bisa nunggu setahun?
Ambil aja ke rumahku(笑)

>wenda
iya, maksudnya begitu.
mungkin sebaiknya,"aku terpengaruh dengan istrinya" ? atau ada ungkapan lain yang pas?

dan salam juga buat Ricky.

mamanya Rui said...

jikasei miso? Bikinnya rada rumit ya, tapi pasti kalo jadi nanti rasanya bakal istimewa.

eh, gak tahunya miso harus disimpen setahunan ya. Baru tahu nih. Tak pikir sebulan aja udah jadi, hehe.

mayu said...

>Maria,

Iya, "jikasei miso" nih. Akhir minggu ini, aku akan bikin miso sendiri sama suamiku.

katanya beberapa jenis miso boleh hanya 10hari atau ada juga miso yang 1-3 bulan.
tapi katanya makim lama makin enak. Jadi aku mau nunggu 1 tahun.

Anonymous said...

Di indonesia dapet komekoji itu dimanaaaa??? Aku pingin bikin, tp kyknya tmpat beli ragi2 gitu dijakarta aja susah bgt yaaa