Friday, February 08, 2008

Salju!



Baru-baru ini, Tokyo sering turun salju. Akhir minggu kemarin, saljunya turun lumayan banyak(Potonya kurang jelas. kira-kira 5cm ya salju bertumpuk). Maksudnya, kalo di Tokyo, boleh dibilang "lumayan banyak". Oleh karena itu, banyak kereta terlambat dan ada banyak kecelakaan juga. Kalo daerah2 yang turun salju banyak, tidak ada masalah kalo salju segitu. Tapi, karena di Tokyo jarang ketika turun salju, jadi topik rame-rame.

Aku juga merasa kangen sama kampungku. Kampungku, Fukui dan tempat kuliahku, Kanazawa(di Ishikawa) juga termasuk daerah yang turun salju lumayan banyak. Waktu masa kecil, saljunya lebih banyak dari sekarang. Jadi, waktu ke SD, aku sering ke sekolah bukan lewat jalan tapi lewat di atas sawah. Salju turun banyak sampai bertumpuk kira2 1 meter dan karena dingin, saljunya membeku sehinnga orang bisa jalan di atas sawah yang kelihatan kayak daratan salju. Soalnya tempatku kampung banget, di sekitar rumahku terdapat gunung dan sawah saja.

Walaupun merasa kangen, sejujurnya aku ga mau pulang ke kampung karena aku ga kuat kedinginan. Sekarang aku kangen ama panasnya di Indonesia.

5 comments:

カティエ said...

雪を見たいですね、インドネシアで雪は全然無いから。 でも、寒い天気は多分私はダメと思う。 ジャカルタはとっても熱いで~す。でも今日の朝に大雨が降りました、空気もすっごい寒くなった。 最近風も引きました。 ヤバイです。 :x

インドネシアに来てよ先生! Kalo bahasa Jepang nggak ada bahasa buat 'kangen'
sih yah~ :P

mayu said...

カティエ

この前も雪が降りましたよ。今年はよく雪が降ります。
ジャカルタは大雨の季節ですね。

Iya, "kangen" dalam bhs Jepang ngga ada yang pas ya.
Nanti ada rencana ke Indonesia, tapi belum tentu harinya. Kalo sudah pasti, aku kabari ya.

wenda said...

mayuuuu..
iyaa..salju segitu udah gede banget buat tempat yang jarang salju..
di china juga kemarenan lagi ada badai salju kan..
rasanya anehh...
orang turun salju aja jarangggg bangettt, eh begitu keluar, tau tau uda badai!

retno r said...

salju memang bikin kangen......
saya lebih suka musim dingin dan salju ketimbang musim panas yang menyengat.
kapan liat salju lagi ya? bulan ini sudah harus pergi meninggalkan Jepang, semoga ada kesempatan untuk kembali lagi ke sini.

mayu said...

>retno,
terima kasih atas kedatangan blogku.

Oh, ada orang Indonesia yang suka musim dingin!
memang, musim panas di Jepang itu bukan hanya panas tapi gerah juga. Banyak teman orang Indonesia di Jepang juga bilang terasa lebih panas dari di Indonesia. Tapi,Menurutku sama saja(Kalo di Depok, Jakarta)

oh ya, retno, sudah balik ke Indonesia?
Apakah retno mahasiswa atau sudah bekerja?
Semoga retno bisa kembali lagi ke Jepang dan lihat salju lagi.