Thursday, March 20, 2008

buku klasik Indonesia dan Jepang

kemarin, aku dapat buku-buku Indonesia dari teman orang Indonesia yang akan kembali ke Indonesia.

Dalam buku2 itu, yang menarik hatiku adalah
"Sitti Nurbaya" karya Marah Rusli(Indonesia)
"Negeri Salju" karya Yasunari Kawabata(Jepang)
"Rahasia Hati" karya Soseki Natsume(Jepang)

buku2 tersebut bisa dibilang buku klasik.
Kegetnya kedua novel Jepang sudah diterbitkan pada 1970-an di Indonesia dan yang kudapat juga yang cetakan pertama. Buku juga sudah antik nih.
kalo "Rahasia hati", berjudul bahasa Jepang "kokoro(hati)", sebagiannya dimuat di dalam buku pelajaran bahasa Jepang(kokugo) SMU-ku.
Sesudah belajar di sekolah, aku sempat baca bukunya, tapi sudah lupa baca semua atau tidak.
Sekarang, "kokoro" bisa dibaca melalui internet juga.
青空文庫(aozora bunko) 夏目漱石「こころ」


kalo ada yang minat silakan dibaca, tapi novelnya dalam bahasa Jepang.

Kalo aku mau coba dari "Sitti Nurbaya" karena aku belum pernah baca novel klasik Indonesia.
Kalo orang Indonesia biasanya sudah pernah baca buku itu atau belajar di sekolah kayak "kokoro" di Jepang?

6 comments:

sachroel said...

kalo siti nurbaya....hanya pernah nonton film nya doang waktu kecil. itupun gak begitu ngerti he..he..

mayu said...

>sachroel
Oh ada film juga ya. Aku mo nonton.
Bukunya baru mulai dibaca, kata-kata di bukunya agak kuno, jadi menarik deh.
misalnya, disebut saya sendiri " Hamba" gitu.

faoziahd said...

Halo Mayu-san,

Salam kenal. Saya Dina, tinggal di Tokyo. Pencarian di Google atas "Negeri Salju" karya Yasunari Kawabata membawa saya ke situs ini.

Ada yang ingin saya tanyakan kepada Mayu-san. Kalau tidak keberatan, mohon menghubungi saya di sepedaku811 -at- yahoo.co.jp

Terima kasih banyak sebelumnya.

mayu said...

>Mbak Dina,
Salam kenal juga.(tapi kayaknya kita sudah kenal deh hehehe).
Ok, nanti saya akan kirim email.

Terima kasih atas kunjungan ke blog saya ya.

faoziahd said...

Ya ampun...ini Mayumi-sensei? Kenapa otak saya dodol sekali, ya, tidak bisa menghubungkan fakta satu dengan lainnya :P

Saya tunggu imelnya ya.

sherly said...

Hi Mayu-san,

Saya lagi mencari buku Jepang dalam bahasa Indonesia dan ketemu website ini. Bagaimana cara kontak Mayu-san? Apakah Mayu-san enggak keberatan email saya dulu ke galibatu @ hotmail.com? Makasih banget sebelumnya.

salam,
sherly