Monday, March 10, 2008

J.League 2008 Mulai

Sabtu kemarin, liga sepak bola profesional, J.LEAGUE tahun ini mulai. Jadi, kami pergi nonton bola ke Hiratsuka, Kanagawa.

Kenapa ke Hiratsuka?
Di sana, Pertandingan divisi2, J.League diadakan, yaitu Shonan Bellmare lawan Vegalta Sendai. Kami memegang Bellmare.

Sejarah dukungan kami atas Bellmare sudah lama. Sejak suamiku mulai tinggal di kota Isehara, sebelah kota Hiratsuka pada tahun 2000, kami kadang-kadang nonton pertandingan Bellmare dan mendukung biar Bellemare naik kembali ke divisi 1.

Bellmare sekarang ada di divisi2, tetapi sampai tahun 1998 tim itu salah satu tim di divisi1 dan satu-satunya tim klab Jepang tempat Hidetoshi Nakata menjadi anggota.

Setelah berangkat ke Indonesia sampai sekarang, aku tidak sempat nonton pertandingan Bellmare,(kalo suamiku, kadang2 nonton sendirian), apalagi kami sekarang tinggal di Tokyo, jadi selama dua tahun kami tidak berminat untuk jauh2 pergi nonton sampai ke Hiratsuka.

Tetapi, tidak tahu kenapa, tapi tiba2 muncul keinginan nonton bola Bellmare dan datanglah ke lapangan sepak bola di Hiratsuka.

Wah....Kangen banget suasana tempat duduk penonton. Karena hari pertama, sudah tempatnya penuh dan rame juga. dan ada beberapa supporter yang saya tahu(tidak kenal) juga. Semuanya tidak berubah sama sekali.





Pertandingan lumayan menarik (kadang bosan) dan tim kita menang! Hore~~~~

Kami puas pulang ke rumah. Selama perjalanan, kami mengobrol kenapa pertandingan hari ini lebih menarik daripada pertandignan tim FC Tokyo? Maksudnya, sekarang kami tinggal di kota yang mendukung tim FC Tokyo, jadi beberapa kali kami coba nonton bolanya. Dibandingkannya, hari ini kami lebih asyik dan puas walaupun mutu pertandingan jauh lebih jelek dari pertandingan FC Tokyo dan banyak pemain kesayangan kami sudah pindah ke tim lain atau pensiun.

Alasannya, pasti karena ada rasa nostalgia, dan juga karena kami suka suasana tempat duduk penonton. Di sana, studiumnya kecil dan bisa menonton lebih dekat.

Dan kayaknya banyak supporter mendukung dan nonton bertahun-tahun mungkin dari sebelum J.League mulai pada tahun1993. Jadi mereka melihat pemainnya atau timnya kayak anak sendiri. Suasana tempat lebih santai dibandingkan FC Tokyo.(Iya, memang FC Tokyo pun punya banyak supporter lama. Pokoknya perbandingan suasana saja)
Memang makian2 kepada pemain ada, tapi karena banyak ibu-ibu nenek-nenek juga nonton kali? tidak begitu jadi serius suasananya.

Kami ingin menonton lagi pertandingan Bellmare. Masalahnya ongkos transportasi mahal, sama dengan harga tiket...Hummmm gimana dong?

5 comments:

mamanya Rui said...

Lho, ternyata Mayu san pencinta bola nih. Aku dan suami gak terlalu nge-fans sama bola, herannya kita ngasih nama rui buat anak kita - kanjinya sama dengan ruinya ラモス瑠偉.

Yach, semoga aja nanti anakku kalo gedhe bisa pinter main bola kayak Ramos Rui atau se-enggak enggaknya minat sama sport deh, walaupun orang tuanya gak bisa olahraga sama sekali. Hehe.

どりてぃんドリーム said...
This comment has been removed by a blog administrator.
mayu said...

Mbak Maria,

Wah namanya kebetulan sama ラモス ルイ ya.
Kalo nanti main bola, Rui-kun pasti pintar main bola deh.

BLOG TRI WALUYO said...

wah kalau di indonesia nonton sepak bola murah cukup bawa uang 15 ribu sudah bisa nonton. itupun sudah bisa nonton liga super yang merupakan liga teratas di indonesia kalau di jepang berapa ya harga tiketnya........soalnya saya punya banyak idola pemain dari jepang seperti hidethosi nakata, sinji ono, sunsuke nakamura dan tiap tahun ada FIFA World cup yang biasanya diadakan di tokyo kalau ada rejeki pengen sich nonton langsung j-league dan FIFA world cup, tapi ya itu kayaknya hanya bisa lewat mimpi....

mayu said...

>Bapak Tri Waluyo

kalau mau nonton J League, harga tiketnya tergantung tempat duduknya di stadion).
harganya berkisaran 2.000-5000yen kali.
Kalau aku nonton pertandingan Shonai(J2), tiketnya 1500yen(karena ada diskon anggota suporter. biasanya 2000yen).

Dan kemarin, suamiku nonton pertandingan Jepang VS Australia dalam babak penyisihan terakhir untuk Piala Dunia. Katanya harga tiketnya 3500yen lumayan murah ya.