Thursday, March 27, 2008

Sistem Daftar Orang Asing

Selasa kemarin, aku menemani teman orang Indonesia ke wali kota untuk melapor akan pulang ke negara sendiri karena kami kira perlu mengurus kartu daftar orang asing(gaikokujin torokusyo)sebelum berangkat ke Indonesia. Ternayta, tidak usah lapor apa-apa kalo orang akan keluar dari Jepang.

Aku heran, bagaimana tahu kantor wali kota tentang orang asing yang tinggal di kota sendiri? Atau, tidak peduli apa2 terhadap orang asing yang akan meninggalkan Jepang walaupun terhadap orang yang masuk ke Jepang, pengawasannya ketat sekali?

Pantas surat-surat dari wali kota kepada orang Indonesia yang sudah pulang ke negara sering kali datang ke apartmen temanku.(soalnya, penghuni dulu pun orang Indonesia.)

Kata pegawai kantor wali kota, kalo orang asing yang akan pindah ke kota lain di dalam Jepang, harus lapor masuk ke wali kota tempat dia mulai tinggal, tetapi tidak usah lapor keluar ke wali kota tempat dia akan meninggalkan.

Penjelasan itu bener ya? Kota-kota lain juga begitu? dan penjelasan itu juga mengherankan.
Karena kalau orang Jepang mau pindah kota, harus lapor ke kedua kota(yang masuk dan yang keluar). Kenapa orang Jepang saja repot? Kalo oke lapor masuk ke wali kota saja, sebaiknya sisitem daftar orang Jepang juga jadi begitu ya.

No comments: