Thursday, April 03, 2008

Perpisahan

Kemarin, teman sekeluarga orang Indonesia kembali ke Indonesia. Aku dan suamiku mengantar mereka ke Bandara Narita.

Selama dua tahun, kehidupan kami berjalan bersama mereka. Seperti aku tulis di posting lama, bapak dan ibunya mantan dosenku di Universitas Indonesia, dan habis aku balik ke Jepang, beberapa bulan kemudian, mereka datang ke Jepang. Kebetulan rumahya berdekatan, kehidupan baruku dan mereka di Jepang mulai hampir bersamaan.

Kegiatan rutinku selama ini adalah menemani ibu ke dokter gigi sekali seminggu( perawatan gigi makan waktu lama, kan? Aku sudah jadi juru bahasa yang jago dalam bidang dokter gigi hehehe). Setiap kali Habis dokter gigi, main ke rumahnya dan belajar bahasa Indonesia, ngobol, makan, dan kadang2 bacakan surat-surat dari SD.
Tapi kegiatan rutin itu pun sudah habis karena mereka harus kembali ke negara sendiri.

Aku merasa sedih bukan hanya karena harus berpisah sama mereka, tapi juga karena terasa Indonesia menjauh sedikit demi sedikit...
Tapi aku takkan melupakan segala hal yang bersama mereka.
Dan nanti, aku yang mendekati lagi Indonesia dan main ke rumah mereka di Indonesia.


Waktu kami naik bus di stasiun untuk berangat ke bandara, banyak teman mengantar mereka. Ketika kami sampai di bandara pun, banyak mahasiswa dan temannya datang untuk mengantar mereka.
Kehidupan mereka pasti menyenangkan karena bisa ketemu dengan banyak orang Jepang yang baik hati kayak mereka.

Aku ingin doakan semoga mereka sukses selalu di Indonesia.

No comments: