Tuesday, December 01, 2009

Hari AIDS Sedunia

Berhubungan dengan Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, aku akan memberikan informasi tentang HIV dan AIDS.

Mungkin, kebanyakan orang pikir HIV/AIDS itu tidak berhubungan dengan diri sendiri, itu hanya penyakit gay atau pengguna narkoba. Tetapi, pikiran itu salah. Siapa saja ada kemungkinan tertular HIV.

HIV menular melalui cairan tubuh seperti darah, semen atau air mani, cairan vagina, air susu ibu dan cairan lainnya yang mengandung darah.

Virus HIV menular melalui:
1. melakukan seks yang tidak aman dengan seseorang yang telah terinfeksi.
Kondom adalah satu-satunya cara mencegah penularan HIV.

2. melalui darah yang terinfeksi yang diterima selama transfusi darah

3. penggunaan jarum suntik yang tidak steril

4. Wanita hamil dapat juga menularkan virus ke bayi mereka selama masa kehamilan atau persalinan dan juga melalui menyusui.

Dan menurut salah satu data, di Indonesia, lebih dari 50 persen terinfeksi melalui melakukan seks. Dan kebanyakan wanita yang terinfeksi HIV telah tertular dari suami atau pasangan.
Jadi, sudak tidak bisa dikatakan HIV/AIDS adalah hanya penyakit Gay dan pengguna narkoba.

Dan informasi yang penting adalah HIV bukan penyakit mati. Walaupun tidak dapat disembuhkan, kalau minum obat teratur setiap hari, orang dapat hidup lama. Di Jepang juga, banyak orang yang tertular HIV hidup secara normal dengan HIV.
Dan wanita yang terinfeksi HIV pun bisa melahirkan bayi dengan pengobatan yang tepat.

Jadi, aku rekomendasikan semua orang ikut pemeriksaan HIV.
Di Jepang, di pusat kesehatan(保健所:hokenjo) di setiap daerah, Anda ikut pemeriksaan HIV dengan gratis dan tidak perlu menyebut nama sendiri.(Di rumah sakit pun menyediakan tes HIV, tapi harsu bayar)
Di Indonesia, aku kurang tahu di mana bisa ikut tes, selain rumah sakit besar. Tapi aku memberikan informasi beberapa situs web.
Dalam situs tersebut, Anda dapat mengetahui apa bedanya HIV dan AIDS juga.

ODHA Indonesia

Yayasan Spiritia

HIV検査・相談マップ(bhs Jepang)


Wednesday, November 11, 2009

Ambil Cuti Melahirkan

Dari November, aku ambil cuti melahirkan.

Aku bekerja di dua tempat. Satunya di perpustakaan salah satu universitas tiga hari seminggu pada siang hari dan satunya mengajar dua hari seminggu pada malam hari sebagai guru bahasa Indonesia.
Kalau pekerjaan di perpus, aku berhenti pada akhir Oktober, tapi kalau pekerjaan mengajar, aku akan kembali dari April tahun depan.

Sekarang, waktu luangnya banyak sekali. Setiap hari, aku menghabiskan waktu untuk kegiantan yang ingin kulakukan selama ini, membaca buku, jalan-jalan di sekitar rumah, beryoga, dll, dan persiapan menyambut bayi dan ibuku.

Di Jepang, pada umumnya, kalau mau melahirkan, istri akan pulang kampung sebelum melahirkan sampai bayinya jadi 1 bulan.
Tapi, aku tidak mau pulang kampung karena bayi yang akan lahir itu bayi kami, jadi mau diurus sama suamiku dan kasihan juga suamiku tidak bisa melihat bayi yang tumbuh setiap hari.
Dan ibuku juga masih bekerja, jadi aku kira walaupun pulang kampung, tidak ada orang yang mengurus aku dan bayi.

Ternyata ibuku sudah bersedia mengursu kami, jadi waktu aku bilang aku tidak mau pulang kampung, kayaknya agak kecewa. Dan akhirnya ibu yang ambil cuti untuk mengurus aku dan bayi di rumahku. Jadi, kami perlu mempersiapkan kamar untuk ibu juga.

Beberapa minggu lagi, kehamilanku masuk ke-10 bulan. Artinya waktu luangku tingggal kurang lebih 1 bulan... harus nikmati, dong!

Saturday, October 24, 2009

Mikoshi

Pada akhir minggu kemarin, ada 祭(pesta shinto) di kota aku.

Karena ada pesta, Mikoshi berkeliling di kota. Mikoshi(神輿) adalah usungan(tandu) Tuhan Shinto. Mikoshi itu diusung orang-orang dan berkeliling. Kebetulan, jalur Mikoshi itu pas depan rumahku, maka aku bisa lihat mikoshinya.



Dan kebetulan juga, di depan rumah, dijadikan 神酒所(mikisho). Mikisho adalah tempat mempersembahkan sesajian seperti sake dan makanan kepada Tuhan, dan untuk orang yang mengusung,tempat istirahat atau tempat pergantian pengusung.



Jadi, banyak orang berkumpul di sana. Mereka makan-makan dan minum bir dengan ramai.
kayaknya asyik banget.

Kami juga mulai merasa mau ikut. Tapi belum tahu kalau mau mengusung, kami harus minta ke mana.Tahun ini juga cuma jadi penonton saja.

Thursday, October 15, 2009

Yokohama Jazz Promenade 2009

Tahun ini juga aku datang ke Yokohama Jazz Promenade sama suami dan teman2nya suami.

Promenade tahun ini sudah ketiga kali buatku. Promenade ini sudah jadi acara tahunan yang mengasyikkan buatku. Dari siang sampai malam penonton bisa tenggelam irama jazz.

Waktu pertama kali ikut, karena buatku pertama kali ikut konser jazz, aku jadi cape pada konser kelima dan ketiduran...(kalau ikut dari awal, kita bisa nonton 4 sampai 5 konser).
Tapi sesudah itu, aku nonton konser jazz beberapa kali setahun di jazz club dan sering mendengarkan CD jazz (pokoknya aku jatuh cinta sama musik jazz).

Lalu, hari yang sudah aku tunggu-tunggu datahg, kami nonton 4 konser. Asyik sekali!
Bayi di perutku pun bergerak banget (tidak tahu dia enjoy atau mengeluh karena berisik).

Di Promenade, kalau mau nonton konser, perlu tiket, tapi, hanya nonton konser di jalan, gratis. kalau ada yang berminat, silakan datang tahun depan!

横濱ジャズプロムナード2009

(Yokohama jazz promenade 2009)

Sunday, October 04, 2009

Bulan indah pada Musim Gugur

Pada tanggal 3 Oktober adalah 中秋の名月(chushu no meigetsu: bulan indah pada musim gugur) atau 十五夜(jugoya). Lebih tepatnya 中秋 berarti tanggal 15 Agustus dalam kalender Cina atau Imlek.
Di Jepang, pada hari itu, orang2 menikmati memandang bulan sambil makan dango(kue jepang tradisional). Kebiasaan itu datang dari Cina. Di Cina, katanya orang menikmati keindahnan bulan sambil makan geppei(kue cina tradisional).

Chushu no meigetsu tahun ini, kami menikmati dengan geppei. karena kebetulan aku dapat geppei dari seorang bapak.

Geppei itu terkenal di pecinan Yokohama. Geppei itu dibikin hanya untuk chushu no meigetsu. Ukurannya gede banget dan dalamnya ada telur bebek yang asing bagaikan bulan.
Rasanya enak banget!! Sebenarnya aku kurang suka geppei karena kacang merahnya terlalu manis. tepi Geppei ini digunakan buah teratai buat isinya dan manisnya sangat halus. Aku langsung jadi fan Geppei ini.







Toko yang bikin Geppei ini adalah 聚楽(juraku), terletak di jalan 長安道 di pecinan Yokohama.

Oh ya, bulannya sangat indah loh. Bukan bulan pernama(sehari sebelum bulan pernama), tapi karena udarahnya bersih dan cerah, bisa dipandang sangat jelas.

Saturday, October 03, 2009

buku tentang pendamping lansia orang Indonesia

Aku baru selesai baca sebuah buku.

Nama judulnya " 長寿大国の虚構‐外国人介護士の現場を追う".
Buku ini reportage tentang pendamping lansia orang Indonesia yang bekerja di Jepang dan oraganisasi-organisasi pemerintah yang berhubungan dengan menerima pendamping lansia dari Indonesia dan lain2.

Ceritanya sebenarnya tidak begitu menyanangkan bagi orang yang mendukung programa penerimaan pendamping lansia dari Indoesia. tapi bagus untuk mengenal keadaan benaran mengenai penerimaan pendamping lansia antara Jepang dan Indonesia.

Kalau ada orang yang berminat, silakan coba baca.

Judul: 長寿大国の虚構(Choju taikoku no kyokou)-外国人介護士の現場を追う(Gaikokujin kaigoshi no genba wo ou)
Pengarang:出井 康博(Idei yasuhiro)
Penerbit: 新潮社 (Shincho sya)
ISBN-10: 4104468029
harga: 1.575 yen

Thursday, October 01, 2009

Jadi Ibu Hamil

Selama beristirahat menulis blog ini, aku hamil nih...

Sekarang udah masuk bulan ke-8.

Cara hitung masa kehamilan di Indonesia dan Jepang berbeda. Di Jepang, biasanya dihitung dari bulan pertama(minggu ke-0 - minggu ke-3) sampai bulan ke-10(minggu ke-36-minggu ke-39) dan hari pertama minggu ke-40 adalah hari kelahiran. Jadi, buat ibu hamil Jepang, masa kehamilannya 10 bulan. (kalau di Indonesia, 9 bulan, kan?). jadi, jumlah bulannya beda, tapi tentu, jumlah minggunya sama.

Perutku udah buncit banget, tapi kata orang, kalau dilihat dari belakang, tidak disangka aku hamil. hum,, tapi kata dokter, ukuran janin di kandungan normal aja...

kemarin, muridku(di kursus bahasa Indonesia) main ke Bali. Jadi aku minta dibelikan buku panduan buat ibu hamil di Indonesia.
Nah, akhirnya aku dapat buku " 9 bulan yang penuh keajaiban" oleh Annia Kissanti.

Apakah ada bedanya panduan untuk ibu hamil di Jepang dan Indoneia? nanti aku lapor deh.(kalau ada waktu...)

Thursday, June 25, 2009

Bikin masakan Indonesia

Selama tiga bulan ini, aku tidak menulis blog ini. Alasannya ada macam2. Sibuk kerja, malas cari topik, tidak enak badan dll. Tapi, kemarin, aku terima satu email dari mantan muridku di Indonesia... akhirnya semangatku untuk menulis blog ini kembali lagi.

Tidak tahu deh semangat itu bisa tahan sampai kapan... tapi coba menulis lagi ya.

Oh ya, Akhir minggu ini, teman setempat kerja akan main ke rumahku. Jadi, aku akan bikin masakan Indonesia buat teman. Teman itu belum pernah ke Indonesia tapi katanya pernah sekali makan masakan Indonesia yang dibikin mahasiswa Indonesia yang belajar di Jepang.

Aku lagi mikir2 menunya. Calon menunya opor ayam dan gado-dado sama krupuk udang.
ini menu yang sering kubikin di rumah. Memang bumbunya jauh beda dari asli, karena rempah2 yang diperlukan susah didapat di Jepang. tapi lumayanlah rasanya. Dan kalau gado-dago, aku pakai bumbu yang dibeli di Indonesia, jadi hampir sama deh.(Omong-omong apa bedanya godo-gado sama pecel?)

Biasanya waktu bikin opor ayam, santannya tidak bisa dipakai semua(aku pakai kalengan), jadi bikin juga bubur kacang hijau atau agar-agar(jelly) santan(tepatnya pake gelatin) dengan sisa santan.

Apakah ada menu lain yang gampang dibikin di Jepang(kecuali nasi goreng, karena kecap manis dah abis) ya?

Tuesday, April 07, 2009

[info]konsultasi gratis oleh tenaga ahli untuk warga asing

hari ini, aku mau kasih tahu info tentang konsultasi ahli untuk orang asing.

Di Tokyo, konsultasi gratis oleh tenaga ahli untuk warga asing diadakan hampir setiap bulan di kota/wilayah di Tokyo secara relay.

Tahun ini pun, konsultasi yang pertama diadakan di MIA(Asosiasi Internasional Musasiho), Kota Musashino.

Dalam konsultasi ini, Anda dapat berkonsultasi mengenai masalah hukum seperti visa, kawin dan cerai, asuransi dan pensiunan, pendidikan, masalah perburuhan, masalah hati dll. Rahasia Terjamin, Tak Perlu Janji, GRATIS!

Siapa saja bisa berkonsulutasi di sana asal Anda orang asing.

Tenaga ahli terdiri dari pengacara, notaris, konsultan buruh, konsultan asuransi sosial, psikolog dll.

Penerjemah yang tersedia : penerjemah bhs Indonesia, bhs Inggris, bhs China, bhs Spanyol, bhs Thailand, bhs Korea, bhs Rusia, bhs Pilipina, bhs German, bhs Arab, bhs Tamil, bhs Hindi.
Penerjamah itu penerjemah sukarelawan di MIA.

Tanggal/Pukul : Sabtu, 25 April, pukul 16.00-18.30

Bertempat di : Lt.10 Swing Building, satu menit jalan kaki dari pintu utara(北口) Stasiun Musasisakai(武蔵境), lin Chuo, JR.

MIA (武蔵野市国際交流協会)


Kalo ada teman orang asing(maksudnya bukan orang Jepang) yang lagi bermasalah tentang visa atau kawin/cerai dan lain2, silakan kasih tahu infonya ya.

Thursday, March 05, 2009

Masa Mekarnya Sakura

Pada 4 Maret, Dinas cuaca(kisho cho 気象庁)mengumumkan ramalan mekarnya sakura pada daerah barat dari daerah Kanto di Jepang.

Menurut ramalan itu, daerah Tokyo dan Kanagawa, sakura akan mulai berbunga pada tanggal 25 Maret.
Tanggal itu tiga hari lebih awal daripada tahun biasanya.

karena kalau sakura, masa mekarnya cuma seminggu, jadi, ramalan itu penting loh, buat orang2 yang mengadakan hanami(piknik atau pesta sambil memandang bunga sakura).
Biasanya hanami diadakan sebagai pesta musim semi di antara rekan2 kantor atau teman2 mahasiswa dan lain2 dengan rame-rame, jadi, perlu diatur waktunya dan ditentukan tempatnya sebelum sakura berbunga.

kadang2 ramalan itu didak benar. Tapi hari hanaminya sudah ditentukan sesuai dengan ramalan itu, jadi, kadang terlihat kelompok2 rame-rame di bawah pohon sakura yang belum mekar... Kan, ganti hari hanami pun susah, kalau diadakan hanami dengan banyak orang.

kalau aku, sesudah berhenti bekerja dari sebuah kantor, tidak sempat ikut pesta hanami. Waktu di kuliah dan kerja di kantor, pesta hanami pasti diadakan dan aku juga selalu ikut. Biasanya diadakan malam, jadi, kita makan-makan dan minum-minum samapai laurt malam dan karena malam, sakura tidak begitu bisa dipandang....
(hanami itu, cuma untuk alasan minum sake kali bagi orang Jepang...)

Sekarang, aku suka hanami sambil jalan-jalan. Tidak usah minum sake, hanya menikmati keindahannya bunga sakura.

気象庁
開花予想(ramalan mekarnya sakura)(bhs Jepang)

Tuesday, March 03, 2009

Ikut lomba maraton

Hari minggu kemarin, aku dan suamiku ikut romba half marathon di Miura kokusai shimin marason(Miura International Marathon).

Kota Miura terletak ujung Semenanjung Miura di Kanagawa. Miura terkenal sebagai tempat perikanan tuna. Itu berarti dekat laut. Lintasan maratonnya dekat pantai dan pasti enak memandangnya sambil berlari, kami pikir begitu awalnya.

Tapi ternyata hari maraton itu hujan dan udaranya dingin bangeet!
Apalagi Lintasannya kan dekat pantai, angingnya kencang sekali....

Dan maraton itu ada batas waktunya. Kalau half marathon(21.0975km), batas waktunya 2 jam 20 menit. tapi, kalau aku lari 10km, waktunya kira2 62 menit... pas-pasan, kan?

Sebelum ikut, aku betul2 khawatir apakah aku bisa finish dalam batas waktu.

Tetapi, akhirnya, aku bisa finish dengan rekor kira-kira 2 jam 16 menit! Dan sebagai hadiah peserta, aku dapat kaus dan lobak.
Loh, Lobak? Iya, katanya Miura terkenal juga pertanian, Khususnya lobak, "Miura daikon".

habis romba, di mana saja ada orang yang memegang lobak besar. Tentu suamiku juga dapat lobak.
Sekarang, dua lobak gede terbaring di lantai dapur di rumahku. Aku lagi mikir2 bikin apa ya dengan lobak itu.

Monday, March 02, 2009

Bikin Miso 2009

Tahun ini juga kami bikin miso. Pada pertengahan Februari, kacang kedale dan kome koji(ragi beras) aku pesan ke toko yang sama tahun kemarin. Kalau garam, dibeli di supermarket dekat rumahku. Dan tempat miso juga dibeli lagi karena tahun kemarin, misonya meluap karena tempatnya kekecilan.

Pada sabtu minggu kemarin, seperti tahun yang lalu, merebus kacangnya 4jam(sebelum itu, harus direndam dalam air semalam). kemudian,,, yaa, cara bikinnya sama saja yang tahun kemarin, Kalau mau tahu, silakan baca blog Februari 2008.

Tahun ini, dari jam 8 pagi kami mulai merebus kacang, dan menyinpan misonya di tempat jam 6 sore. Jadi, pekerjaan seharian sih. Tapi kebanyakan waktu untuk merebus kacang, yaitu 8 jam! karena panciku kecil jadi harus rebus dua kali.

Tempat misonya sudah ditaruh di beranda, dan kami akan menunggu setahun.

Oh ya miso yang bikin tahun kemarin sudah kami mulai makan. Enak loh, miso shiru (sup miso) yang dipake miso yang aku bikin sendiri.

Thursday, February 26, 2009

Ketemu salah satu calon kaigoshi

minggu kemarin, aku berkunjung ke sebuah rumah jompo di Kanagawa. Aku bekerja sebagai penerjemah antara calon kaigoshi dan staf2 di rumah jompo tersebut.

Di sana, dua orang Indonesia bekerja dari akhir Januari tahun ini. Waktu itu, aku ketemu salah satunya(satu lagi tidak masuk kerja karena sakit). Dia sudah cukup pintar bahasa Jepang sampai berkomunikasi dengan staf dan orang-orang yang dirawat di situ.
Staf2 juga sangat baik, mereka berusaha agar calong Kaigoshinya bisa ingat banyak pekerjaan dan cepat betah di sana.

Tapi, memang pekerjaan di rumah jompo cukup berat. Aku juga baru tahu apa yang mereka kerjakan setiap hari. Paling susahnya pindah pasien ke kursi roda, atau tempat tidur dan lain2. kebanyakan pasien tidak bisa bangun sendiri sehingga terbaring mulu di tempat tidur. jadi, waktu makan, harus pindah ke kursi roda. Selain itu, kalau ada acara-acara dan waktu mandi pun pindah tempat. Jadi,setiap kali stafnya yang angkat badan pasiennya dan pindah naik kursi roda atau pindah ke tempat tidur. Mungkin beratnya bukan main. 'Kan orang dewasa, bukan anak kecil. Jadi, katanya banyak staf kena sakit pinggang.

Tapi, iya, kalo calon kaigoshi yang kuketemu, dia bersemangat bekerja dan rajin sekali. pasti akan lulus ujian kaigoshi.
Aku tidak tahu bisa ketemu lagi sama dia(mudah-mudahan bisa ketemu lagi), tapi aku mendukung dan mendoakan dia biar akan bisa lulus ujian dan bisa bekerja terus di Jepang.