Thursday, March 05, 2009

Masa Mekarnya Sakura

Pada 4 Maret, Dinas cuaca(kisho cho 気象庁)mengumumkan ramalan mekarnya sakura pada daerah barat dari daerah Kanto di Jepang.

Menurut ramalan itu, daerah Tokyo dan Kanagawa, sakura akan mulai berbunga pada tanggal 25 Maret.
Tanggal itu tiga hari lebih awal daripada tahun biasanya.

karena kalau sakura, masa mekarnya cuma seminggu, jadi, ramalan itu penting loh, buat orang2 yang mengadakan hanami(piknik atau pesta sambil memandang bunga sakura).
Biasanya hanami diadakan sebagai pesta musim semi di antara rekan2 kantor atau teman2 mahasiswa dan lain2 dengan rame-rame, jadi, perlu diatur waktunya dan ditentukan tempatnya sebelum sakura berbunga.

kadang2 ramalan itu didak benar. Tapi hari hanaminya sudah ditentukan sesuai dengan ramalan itu, jadi, kadang terlihat kelompok2 rame-rame di bawah pohon sakura yang belum mekar... Kan, ganti hari hanami pun susah, kalau diadakan hanami dengan banyak orang.

kalau aku, sesudah berhenti bekerja dari sebuah kantor, tidak sempat ikut pesta hanami. Waktu di kuliah dan kerja di kantor, pesta hanami pasti diadakan dan aku juga selalu ikut. Biasanya diadakan malam, jadi, kita makan-makan dan minum-minum samapai laurt malam dan karena malam, sakura tidak begitu bisa dipandang....
(hanami itu, cuma untuk alasan minum sake kali bagi orang Jepang...)

Sekarang, aku suka hanami sambil jalan-jalan. Tidak usah minum sake, hanya menikmati keindahannya bunga sakura.

気象庁
開花予想(ramalan mekarnya sakura)(bhs Jepang)

4 comments:

widia said...

Mayu, saya mahasiswa sastra Jepang di Universitas Padjadjaran Bandung. Saya sedang nyusun skripsi dan rencananya setelah lulus mau ke Jepang. Mayu mau ga tolong bantuin saya? Tolong kasih tau tetntang bahasa Jepang yang berhubungan dengan skripsi saya dan tolong kasih tau tentang kehidupan di Jepang..
Ini alamat email saya chu.azza@yahhoo.com
Tolong ya Matu...
Makasih banyak ya....

Dion said...

Blog nya Mayu isinya bagus-bagus banget. Keep on writing Mayu-san...

Bunga sakura memang cantik banget ya.
Kalau udah mekar bunganya, Mayu mau kan upload foto sakuranya di blog ini. Pengen liat nih. ^^

Mayu san tau *pnish* gak?
Grup teater di Jepang, yang anggotanya ada 4 orang. Pernah liat gak?

頑張って下さい、Mayuさん..
Hehehe... (^.^)/

mayu said...

>widia,

Terima kasih banyak main ke blogku.

oh lagi nulis skripsi tentang Jepang ya?
Kalau ada sesuatu yang mau ditanya, boleh juga di sini.
dan nanti kalau ada waktu, aku hubungi widia ya.

Dion,
terima kasih juga.
Nanti aku posting poto sakura ya.

dan, aku belum tahu tentang *pnish* . Dion pernah liat teater mereka?

みかんちゃん said...

WOW!! Iseng-iseng cari blog-nya orang Indonesia yang tinggal di Jepang, saya malah menemukan blog ini. Saya sampai terperangah membaca blog Mayu-san! Bahasa Indonesianya bagus sekali, perfecto! Suami saya orang Jepang, lancar sekali bicara bahasa Indonesia, tapi untuk menulis rasanya masih sangat kurang. Saya juga kuliah di UI, sekitar tahun 1998-2003 dan Pusat Studi Jepang di Sastra UI tempat favorit saya! Apa mungkin kita pernah bertemu di sana ya? Ha ha ha. Salam kenal ya Mayu-San!