Thursday, June 25, 2009

Bikin masakan Indonesia

Selama tiga bulan ini, aku tidak menulis blog ini. Alasannya ada macam2. Sibuk kerja, malas cari topik, tidak enak badan dll. Tapi, kemarin, aku terima satu email dari mantan muridku di Indonesia... akhirnya semangatku untuk menulis blog ini kembali lagi.

Tidak tahu deh semangat itu bisa tahan sampai kapan... tapi coba menulis lagi ya.

Oh ya, Akhir minggu ini, teman setempat kerja akan main ke rumahku. Jadi, aku akan bikin masakan Indonesia buat teman. Teman itu belum pernah ke Indonesia tapi katanya pernah sekali makan masakan Indonesia yang dibikin mahasiswa Indonesia yang belajar di Jepang.

Aku lagi mikir2 menunya. Calon menunya opor ayam dan gado-dado sama krupuk udang.
ini menu yang sering kubikin di rumah. Memang bumbunya jauh beda dari asli, karena rempah2 yang diperlukan susah didapat di Jepang. tapi lumayanlah rasanya. Dan kalau gado-dago, aku pakai bumbu yang dibeli di Indonesia, jadi hampir sama deh.(Omong-omong apa bedanya godo-gado sama pecel?)

Biasanya waktu bikin opor ayam, santannya tidak bisa dipakai semua(aku pakai kalengan), jadi bikin juga bubur kacang hijau atau agar-agar(jelly) santan(tepatnya pake gelatin) dengan sisa santan.

Apakah ada menu lain yang gampang dibikin di Jepang(kecuali nasi goreng, karena kecap manis dah abis) ya?

3 comments:

みかんちゃん said...

Aduuuh, saya jadi lapar Mayu-san! Kalau lagi kangen masakan Indonesia saya beli bumbu instant, biasanya Soto atau Rawon. Beda gado-gado dan pecel, selain dari asalnya (gado-gado dari jakarta/ betawi, pecel dari jawa), isinya agak sedikit beda dan bumbunya juga sedikit beda (katanya sih kalau pecel pakai kencur ~ semacam akar2an).

mayu said...

Rawon! Aku juga suka rawon. dan aku suka banget tongseng juga. waktu di Indonesia, aku sering makan tongseng di kantin kampus.

Oh, beda ya gado-gado dan pecel.Mungkin yang sering kumakan gado-gado kali, karena tinggal di Depok.

Fuji_Chan ^_^ said...

mayu_san...
salam kenal ...
namaku "puji" tapi teman-teman biasa memanggilku fuji...

aku senang sekali ada orang jepang yang belajar bahasa indonesia dan sekarang aku juga baru belajar sedikit bahasa jepang...
yang muncul pertama kali dibenakku tentang jepang adalah "Semangat"

saya bisa belajar bahasa jepang kepada anda??