Saturday, October 24, 2009

Mikoshi

Pada akhir minggu kemarin, ada 祭(pesta shinto) di kota aku.

Karena ada pesta, Mikoshi berkeliling di kota. Mikoshi(神輿) adalah usungan(tandu) Tuhan Shinto. Mikoshi itu diusung orang-orang dan berkeliling. Kebetulan, jalur Mikoshi itu pas depan rumahku, maka aku bisa lihat mikoshinya.



Dan kebetulan juga, di depan rumah, dijadikan 神酒所(mikisho). Mikisho adalah tempat mempersembahkan sesajian seperti sake dan makanan kepada Tuhan, dan untuk orang yang mengusung,tempat istirahat atau tempat pergantian pengusung.



Jadi, banyak orang berkumpul di sana. Mereka makan-makan dan minum bir dengan ramai.
kayaknya asyik banget.

Kami juga mulai merasa mau ikut. Tapi belum tahu kalau mau mengusung, kami harus minta ke mana.Tahun ini juga cuma jadi penonton saja.

Thursday, October 15, 2009

Yokohama Jazz Promenade 2009

Tahun ini juga aku datang ke Yokohama Jazz Promenade sama suami dan teman2nya suami.

Promenade tahun ini sudah ketiga kali buatku. Promenade ini sudah jadi acara tahunan yang mengasyikkan buatku. Dari siang sampai malam penonton bisa tenggelam irama jazz.

Waktu pertama kali ikut, karena buatku pertama kali ikut konser jazz, aku jadi cape pada konser kelima dan ketiduran...(kalau ikut dari awal, kita bisa nonton 4 sampai 5 konser).
Tapi sesudah itu, aku nonton konser jazz beberapa kali setahun di jazz club dan sering mendengarkan CD jazz (pokoknya aku jatuh cinta sama musik jazz).

Lalu, hari yang sudah aku tunggu-tunggu datahg, kami nonton 4 konser. Asyik sekali!
Bayi di perutku pun bergerak banget (tidak tahu dia enjoy atau mengeluh karena berisik).

Di Promenade, kalau mau nonton konser, perlu tiket, tapi, hanya nonton konser di jalan, gratis. kalau ada yang berminat, silakan datang tahun depan!

横濱ジャズプロムナード2009

(Yokohama jazz promenade 2009)

Sunday, October 04, 2009

Bulan indah pada Musim Gugur

Pada tanggal 3 Oktober adalah 中秋の名月(chushu no meigetsu: bulan indah pada musim gugur) atau 十五夜(jugoya). Lebih tepatnya 中秋 berarti tanggal 15 Agustus dalam kalender Cina atau Imlek.
Di Jepang, pada hari itu, orang2 menikmati memandang bulan sambil makan dango(kue jepang tradisional). Kebiasaan itu datang dari Cina. Di Cina, katanya orang menikmati keindahnan bulan sambil makan geppei(kue cina tradisional).

Chushu no meigetsu tahun ini, kami menikmati dengan geppei. karena kebetulan aku dapat geppei dari seorang bapak.

Geppei itu terkenal di pecinan Yokohama. Geppei itu dibikin hanya untuk chushu no meigetsu. Ukurannya gede banget dan dalamnya ada telur bebek yang asing bagaikan bulan.
Rasanya enak banget!! Sebenarnya aku kurang suka geppei karena kacang merahnya terlalu manis. tepi Geppei ini digunakan buah teratai buat isinya dan manisnya sangat halus. Aku langsung jadi fan Geppei ini.







Toko yang bikin Geppei ini adalah 聚楽(juraku), terletak di jalan 長安道 di pecinan Yokohama.

Oh ya, bulannya sangat indah loh. Bukan bulan pernama(sehari sebelum bulan pernama), tapi karena udarahnya bersih dan cerah, bisa dipandang sangat jelas.

Saturday, October 03, 2009

buku tentang pendamping lansia orang Indonesia

Aku baru selesai baca sebuah buku.

Nama judulnya " 長寿大国の虚構‐外国人介護士の現場を追う".
Buku ini reportage tentang pendamping lansia orang Indonesia yang bekerja di Jepang dan oraganisasi-organisasi pemerintah yang berhubungan dengan menerima pendamping lansia dari Indonesia dan lain2.

Ceritanya sebenarnya tidak begitu menyanangkan bagi orang yang mendukung programa penerimaan pendamping lansia dari Indoesia. tapi bagus untuk mengenal keadaan benaran mengenai penerimaan pendamping lansia antara Jepang dan Indonesia.

Kalau ada orang yang berminat, silakan coba baca.

Judul: 長寿大国の虚構(Choju taikoku no kyokou)-外国人介護士の現場を追う(Gaikokujin kaigoshi no genba wo ou)
Pengarang:出井 康博(Idei yasuhiro)
Penerbit: 新潮社 (Shincho sya)
ISBN-10: 4104468029
harga: 1.575 yen

Thursday, October 01, 2009

Jadi Ibu Hamil

Selama beristirahat menulis blog ini, aku hamil nih...

Sekarang udah masuk bulan ke-8.

Cara hitung masa kehamilan di Indonesia dan Jepang berbeda. Di Jepang, biasanya dihitung dari bulan pertama(minggu ke-0 - minggu ke-3) sampai bulan ke-10(minggu ke-36-minggu ke-39) dan hari pertama minggu ke-40 adalah hari kelahiran. Jadi, buat ibu hamil Jepang, masa kehamilannya 10 bulan. (kalau di Indonesia, 9 bulan, kan?). jadi, jumlah bulannya beda, tapi tentu, jumlah minggunya sama.

Perutku udah buncit banget, tapi kata orang, kalau dilihat dari belakang, tidak disangka aku hamil. hum,, tapi kata dokter, ukuran janin di kandungan normal aja...

kemarin, muridku(di kursus bahasa Indonesia) main ke Bali. Jadi aku minta dibelikan buku panduan buat ibu hamil di Indonesia.
Nah, akhirnya aku dapat buku " 9 bulan yang penuh keajaiban" oleh Annia Kissanti.

Apakah ada bedanya panduan untuk ibu hamil di Jepang dan Indoneia? nanti aku lapor deh.(kalau ada waktu...)