Wednesday, November 17, 2010

Main ke Kamakura

Pada akhir minggu kemarin (13 Nov), ada satu pertemuan, untuk itu kami(aku, suami dan bayi) datang ke Kamakura, kanagawa. Pertemuan tersebut adalah makan-makan bersama mantan teman sekursus bahasa Indonesia(tentang kursus ini, tolong dibaca catatan pada 10 Maret 2006).
Suamiku tidak ikut kursus itu, tapi mereka mengajak suami dan bayiku ikut makan-makan bersama.

Setelah makan siang, salah satu teman yang tinggal di Kamakura mengajak jalan-jalan. Dia mengantarkan kami ke sebuah kuil. Kuil itu "joei ji"(常永寺).

Di dalam kuil itu ada kuil buddha dan Kuil Shinto.

Ini bangunan kuil Buddha, Joeiji.


Ini bangunan Shinto, ini kecil sekali dibandingkan kuil Buddha.


Dua agama berada di satu tempat ini karena adanya perpaduan Shinto dengan Buddha(syncretization of Shinto with Buddhism dari zaman dahulu kala di Jepang. Kuil seperti ini yang terkenal bagi orang asing adalah Sensoji (浅草寺) di Asakusa,Tokyo.
Di sana juga, di tanah kuil Sensouji, ada pula kuil Asakusa jinja(浅草神社).

Selain kuil ini, di Kamakura, banyak sekali kuilnya. Dan tempat wisata yang terkenal adalah Kamakura Daibutsu(Patung Budha Besar) di Kuil Kotokuin(高徳院). Presiden Obama juga kemarin berkunjung ke sana untuk berzialah Daibutsu dan menikmati es krem teh hijau sambil mengikuti kenangan masa Kecil.

3 comments:

Rotitawar said...

うわあ、古いお寺ですね!。walaupun sudah tua tapi masih terlihat sempurna ya..
まゆさん、神社とお寺はおなじですか。
kuil yasukuni juga sangat terkenal,bukan?..tetapi aku tidak tahu apakah yasukuni itu kuil untuk agama Budha atau shinto??

mayu said...

>Rotitawar,

kalau 神社 bangunan shinto, お寺 adalah bangunan Budha deh. Dan Kuil Yasukuni(靖国神社)adalah Shinto. kalau namanya kuil saja, orang Indonesia tidak bisa tahu Budha atau shinto ya.

Rotitawar said...

terima kasih penjelasannya ^_^

iya,di Indonesia bangunan bersembahyang untuk agama Budha disebut wihara(vihara)..kalau tidak salah terkadang juga disebut kelenteng atau kuil Budha..