Monday, July 16, 2012

"Bumi Manusia"

Buku yang berjudul "Bumi Manusia" pernah aku ketemu beberapa kali selama ini.

Pertama kali, di lemari buku di ruang penelitian antropologi budaya di kampus , di mana aku mempelajari budaya Bali hampir dua puluh tahun yang lalu. Buku itu terjemahan bahasa Jepang. Tema karyanya terlalu berat bagiku waktu itu, karenanya walaupun aku tahu karya itu sangat terkenal dan penting dalam sejarah sastra Indonesia, aku tidak berminat sampai membacanya.

Lalu, kira-kira sepuluh tahun lewat..

Pertemuan kedua adalah di pameran buku di kampus UI. Waktu itu aku belajar bahasa Indonesia di BIPA UI. Sebenarnya aku suka membaca, jadi kalau ada pameran buku, aku selalu mengcek buku-buku di sana. Kemudian, aku ketemu lagi "Bumi Manusia" dalam bahasa Indonesia. Aku langsung membelinya, tapi bertahun-tahun tidak sempat dibaca...

 Lalu, sekarang pertemuan ketiga. Waktu aku mengajar bahasa Indonesia di suatu kursus. Aku membacakan salah satu contoh kalimat dalam buku pelajaran. "Buku yang berjudul "Bumi Manusia"ini adalah salah satu hasil karya Pramoedya." dan menjelaskan karya dan penulisnya. Salah satu murid berminat pada buku itu dan beberapa minggu kemudian bilang kepadaku "Saya sudah baca "Bumi Manusia".Ceritanya sangat menarik!" Aku pun mulai berminat pada bukunya. Aku cari buku di perpus dan ternyata ketemu di perpus kotaku.

Sekarang aku sudah selesai baca "Bumi Manusia". Benar sangat menarik. Lalu aku sedang membaca "Anak semua bangsa"-lanjutan "Bumi Manusia". Di Jepang, Seri "Bumi manusia" sampai "Rumah Kaca" sudah diterjemahkan ke bahasa Jepang. Aku akan membaca semua buku (tentu yang terjemahan) kalaupun makan waktu lama.

Maaf, Bapak Pramoedya, kenapa aku tidak membaca karya Bapak walaupun kesempatannya ada beberapa kali? Sekarang aku menikmati membaca karya Bapak setelah pertemuan  dua puluh tahun yang lalu.

No comments: