Saturday, July 28, 2012

Kamu Suka Wangi Pandan?

Suatu hari salah seorang sahabatku bertanya apakah orang Indonesia suka wangi pandan?

Dia sekarang bekerja sebagai koki di sebuah kafe Asia, khusunya menyediakan masakan dan kue Malaysia. Di sana Pandan dipakai dalam masakan dan kuenya. Tapi katanya dia tidak begitu suka wangi pandan lalu dia curiga benar-benar orang Malaysia suka wangi itu. Di sekitar dia tidak ada orang Malaysia(di kafe stafnya hanya dua, dia dan pemilik cafe, orang Jepang), dan dia teringat aku yang pernah tinggal di Indonesia dan bertanya begitu seperti di atas.

Tentu mungkin orang Malaysia dan orang Indonesia cita rasanya tidak sama, tapi sebagai bangsa yang tinggal di budaya memakai pandan, barangkali ada sesuatu yang bisa membantu temanku.
Aku menjawab "Iya" atas pertanyaan dari temanku.

Menurutku, orang Indonesia suka pandan. Kan, di toko2 terlihat banyak kue dan roti yang berwarna hijau (yang hijau itu dipakai pandan kan?) Ada juga Bika Ambon Pandan! Di Bali pun aku pernah sarapan pancake pandan di losmen. Ini pertama kali bagiku makan makanan yg dipakai pandan, jadi aku agak kaget warnanya dan sayangnya wangi tidak tercium.... Iyaa, sebenarya aku tidak begitu mencium wangi dan rasa pandan, Jadi kalau warnanya hijau, baru tau makanan ini pakai pandan dan terasa wangi sedikit....

Bagaimana kalau orang Indonesia suka wangi pandan? sebelum itu, orang Indonesia bisa mengendus wangi pandan ya? Pasti bisa ya.

No comments: